Capaisukses

Tips Mengatasi Sembelit Ibu Hamil

by Tofik Online

dollar-sign

Tips mengatasi sembelit ibu hamil pada beberapa khasus pada ibu hamil juga banyak mengalami masalah sembelit. Karena terjadinya otot relaks sebagai akibat dari hormon yang berubah sehingga hal ini bisa terjadi. Ibu hamil seringkali menderita sembelit atau konstipasi atau susah dalam buang air besar karena beberapa alasan seperti tidak cukupnya kandungan serat yang dikonsumsi oleh ibu hamil yang banyak terdapat pada buah-buahan dan sayuran. Tahukah anda bagiamana sembelit ini terjadi ? Karena melambatnya fungsi dari saluran cerna sebagai akibat dari hormon yang telah berubah pada saat masa kehamilan yang juga kerja organ akan terganggu sehingga kondisi seperti ini terjadi. Oleh karena itu bagi kebanyakan orang tips mengatasi sembelit ibu hamil sangat diperlukan untuk mengatasi masalah tersebut.

Bagi berkembangnya janin dalam kandungan makanan yang mempunyai nutrisi akan terpecah oleh usus dan dicerna dengan keadaan sekecil apapun sebagai kebutuhan janin ini sehingga pada ibu yang sedang hamil seringkali terkena sembelit. Selain alasan itu feses yang dikeluarkan dari dalam proses pencernaan makanan akan cenderung kering dikarenakan penyerapan air yang berlebih terjadi di dalam tubuh. Namun jika diperhatikan lebih dalam lagi pada ibu hamil yang mengkonsumsi suplemen zat besi dengan dosis yang tidak rendah, susah buang air besar juga bisa terjadi. Lagi-lagi tips mengatasi sembelit ibu hamil juga terus dibutuhkan dalam hal ini.

Sembelit Ibu Hamil

Anda yang mengalami hal ini tidak perlu galau lagi apabila tanda-tanda yang diiringi dengan penyakit lainnya tidak muncul seperti timbulnya pendarahan. Anda bisa saja mencegah dan mengobati masalah ini dengan tips mengatasi sembelit ibu hamil. Simaklah di bawah ini.

1. Jangan minum obat pencahar
Tips mengatasi sembelit ibu hamil yang pertama adalah untuk menghindari obat pencahar. Anda tidak perlu mengkonsumsinya meskipun berbagai cara lain sudah dilakukan dan tidak menemukan hasil. Hal yang dapat anda lakukan untuk bisa mengetahui hal yang dirasa tepat adalah dengan membicarakannya dengan dokter spesialis anda.

2. Batasi konsumsi suplemen zat besi
Apabila kebutuhan zat besi telah terpenuhi bagi ibu yang sedang hamil ini maka tips mengatasi sembelit ibu hamil adalah membatasi dalam mengkonsumsi suplemen zat besi. Gejala sembelit yang timbul sebaiknya bisa diringankan dengan konsumsi suplemen vitamin C. Namun dalam penggunaan suplemen yang tepat untuk anda konsumsi adalah sebaiknya obrolkan dahulu dengan dokter.

3. Lakukan aktifitas fisik atau berolahraga teratur
Tips mengatasi sembelit ibu hamil yang ketiga mungkin malas untuk dilakukan oleh ibu hamil karena kebanyakan dari mereka akan sangat malas untuk melakukan kegiatan fisik atau berolahraga ketika sedang hamil. Namun tahukah anda jika sembelit ini bisa diringankan dengan olahraga rutin karena tubuh akan sehat dan bugar. Dengan berenang dan jalan kaki merupakan kegiatan fisik yang tidak begitu sulit untuk dilakukan oleh ibu hamil. Selain itu salah satu olahraga yang mempunyai fungsi ganda seperti dalam menghadapai jelang persalinan, mempermudah dalam buang air besar serta untuk menguatkan otot dasar panggul adalah dengan senam kegel.

4. Banyak minum air putih
Tips mengatasi sembelit ibu hamil yang ini ini mungkin telah dilakukan setiap orang. Namun apakah benar-benar tercukupi? Sebanyak delapan gelas air putih merupakan jumlah minimal yang harus diminum oleh semua orang termasuk dengan ibu hamil. Selain itu agar ibu hamil tidak kekurangan cairan jumlah tersebut harus lebih ditambah lagi mengingat bahwa tubuh menyerap lebih banyak kandungan air karena masa kehamilan ini. Tak hanya itu saja untuk mempermudahkan dalam pengeluaran feses, air sangatlah berperan penting. Seperti buah yang di jus ataupun makanan yang mengandung kuah juga merupakan sumber kandungan air.

5. Konsumsi serat setiap hari
Supaya selalu ada keseimbangan dalam asupan nutrisi yang masuk di dalam tubuh ibu hamil, maka mereka harus selalu melihat makanan yang akan mereka makan apakah kandungan gizinya sudah memenuhi atau belum. Usahakan pada setiap pola makan setiap harinya anda harus mengkonsumsi makanan yang kandungan seratnya tinggi dan anda dapat memperolehnya dari buah dan sayur.

Supaya berbagai masalah tidak menganggu wanita hamil maka selalu upayakan untuk selalu berperilaku yang sehat, baik dalam pola makan maupun gaya hidup sehari-hari dan jangan lupa pula untuk membaca artikel mengenai tips mengatasi sembelit ibu hamil.

Leave a Comment

Previous post:

Next post: