Capaisukses

Tips Memilih Laptop yang Bagus

by Tofik Online

dollar-sign

Tips memilih laptop yang bagus pasti sangat diperlukan oleh semua semua orang terutama mereka yang hendak membeli laptop atau sebatas ingin tahu bagaimana cara memilih laptop yang bagus. Kebanyakan kita hanya membeli laptop berdasarkan merk saja, apalagi jika perusahaan yang memproduksi sudah memiliki brand terkenal. Tetapi saat ini sudah banyak produsen laptop yang branding, sehingga banyak pula pendapat yang diberikan oleh orang, hal itu tergantung penilaian masing-masing. Ada yang mengatakan laptop merk A bagus, ada pula yang mengatakan laptop merk A kurang bagus, mending beli merk B saja. Produsen laptop memproduksi dengan spesifikasi dan segmen pasar yang berbeda. Yang kita tahu ada laptop low end, menengah dan high end. Untuk laptop yang high end pastinya akan memiliki fitur yang luar biasa namun harganya juga luar biasa pastinya.

Laptop

Untuk membeli sebuah laptop kita harus menyesuaikan dulu antara fungsi dengan kebutuhan kita. Kalau laptop yang hendak kita hanya untuk sekedar punya atau Cuma untuk mengetik dan menyimpan data cukup dengan membeli laptop yang low end tidak masalah, selain harganya terjangkau optimalisasi fungsi juga didapat. Tetapi jika anda membutuhkan laptop untuk game dan desain grafis atau untuk bisnis yang membutuhkan kinerja cepat, laptop menengah hingga high end adalah yang tepat untuk anda. Meskipun harga relative mahal namun fungsi yang ada juga akan maksimal dan memenuhi kebutuhan dan kepuasaan anda sebagai pengguna. Itu adalah salah satu tips memilih laptop yang bagus yaitu yang sesuai dengan kebutuhan.

Berikut ini akan saya jelaskan secara lebih lengkap tentang tips memilih laptop yang bagus.

1. Tujuan membeli laptop
Jika tujuan anda membeli laptop adalah agar bisa dibawa kemana saja, maka belilah laptop dengan ukuran 10 atau 12 inch, dengan pertimbangan ringan, mudah dibawa, daya tahan baterai cukup tinggi, serta memiliki beberapa koneksi seperti blutooth, wifi, network card dan lain lain. Yang kedua adalah jika tujuannya untuk bermain game dan desain grafis maka pilihan laptop dengan VGA dan memori yang tinggi adalah yang tepat. Karena apa yang ingin anda lakukan memerlukan spesifikasi yang tinggi agar laptop yang anda miliki tidak terbebani dan terkesan tidak lemot. Anda harus memilih dengan spesifikasi minimal RAM 1 GB dengan tipe DDR 3, VGA 512 MB, prosesor dual core 3.0 GHz, HDD minimal 500 GB untuk desain grafis dan os windows xp sp2. Jika anda memilih laptop dengan spek dibawah itu mungkin nanti laptop anda banyak ngelak, loading lama dan gambar pecah-pecah, hal itu mungkin akan membuat anda sangat tidak nyaman. Semakin tinggi spek yang ada maka semakin cepat pula akses yang ada dan juga cepat. Yang ketiga adalah jika hanya untuk di rumah seperti mengerjakan tugas-tugas kantor yang tidak begitu berat, mengetik, desain grafis sederhana, internet dan game-game kecil, anda bisa menggunakan laptop dengan spek biasa.

2. Berapa dana yang dimiliki
Sebelum membeli laptop sebaiknya anda menyesuaikan dengan dana yang anda miliki jangan sampai melebihi budget yang anda miliki. Maksimalkan budget yang dimiliki dengan fitur terbaik yang ada sesuai dengan spesifikasi diatas.

3. Berapa harga jualnya
Sebelum anda membeli laptop akan lebih baik jika anda mengecek dulu berapa harga jual kembali laptop yang anda minati, jangan sampai setelah anda bosan ternyata laptop anda memiliki harga jual yang jauh dibawah standart atau jauh dengan harga belinya. Selain itu bagaimana dengan tempat service centernya jauh apa dekat, mudah dijangkau atau tidak dan bagaimana sparepartnya apakah mudah didapat atau tidak. Harga jual menjadi tidak masalah jika anda tidak ingin menjual kembali laptop anda atau ingin menggunakan selamanya.

4. Berapa lama garansi yang diberikan
Setelah anda menentukan merk laptop yang anda inginkan tanyakan juga garansi yang diberikan, biasanya setiap toko memiliki fasilitas yang berbeda mengenai garansi, ada yang 1 tahun ada pula yang 2 tahun. Misalnya laptop asus memberikan garansi 2 tahun dan laptop Toshiba memberikan garansi 1 tahun, tetapi kalau tidak salah kita juga memperpanjang masa garansi untuk laptop Toshiba. Jika anda ingin mendapatkan informasi lebih lengkap anda bisa menanyakan langsung ke tokonya.

5. Harga
Bila anda sudah memilih laptop, menanyakan tentang fitur, garansi dan harga jual kembali. Selanjutnya anda bisa membandingkan harga antara toko yang satu dengan yang lainnya. Jangan hanya terpaku pada 1 toko saja dan anda tidak mencoba menanyakan dilain toko. Hal itu bisa membuat anda kecewa jika teman anda mendapatkan laptop dengan fitur dan yang lainnya sama tetapi harga lebih murah. Tetapi jika anda memiliki uang yang banyak hal itu bukanlah menjadi suatu masalah.

Tetapi jika anda memiliki tips yang lain anda bisa masukkan komentar sehingga kita bisa sama-sama tahu apa yang lebih baru dari tips memilih laptop yang bagus.

{ 5 comments… read them below or add one }

ali October 4, 2012 at 11:44 am

makasih infonya mas, ini sangat brmanfaat,,

Reply

home and garden October 10, 2012 at 9:32 am

terima kasih gan…

Reply

Masirfa99 October 16, 2012 at 1:51 am

Hahahahha,,,mulai membuat artikel teknologi

Reply

Tofik October 17, 2012 at 9:54 am

biar nggak bosen hehehehe…

Reply

Abed Saragih October 21, 2012 at 6:30 pm

Terima kasih sobat buat informasinya. :)

Reply

Leave a Comment

Previous post:

Next post: