Capaisukses

Tentang Struktur Atom (Struktur dalam Atom)

by Tofik Online

dollar-sign

Struktur atom terdiri dari inti atom dengan dikelilingi oleh muatan negatif dari awan electron yang merupakan satuan dasar materi dari struktur atom. Dengan muatan netral (kecuali pada Hidrogen-1 yang tidak memiliki neutron) dari neutron dan muatan positif dari campuran proton merupakan kandungan yang terdapat pada inti atom. Oleh gaya elektromagnetik inti atom mengikat electron-electron pada sebuah atom. Sebuah molekul terbentuk yang berikatan satu dengan yang lainnya dari sekumpulan atom tersebut. Sifat netral dimiliki oleh kandungan jumlah proton dan electron yang sama di dalam atom, namun ion dari sifat positif atau negatif yang merupakan sifat yang berbeda dari kandungan jumlah proton dan electron. Pada inti atom tersebut berdasarkan jumlah neutron dan proton atom bisa dikelompokkan. Unsur kimia atom tersebut ditentukan oleh jumlah proton pada atom, dan isotop unsur tersebut ditentukan oleh jumlah neutronnya.

Merupakan Bahasa dari Yunani istilah atom itu sendiri, yang merupakan sesuatu zat -zat yang tidak dapat terbagi lagi atau tidak dapat dipotong dari pengertian atom itu sendiri. Para filsuf India yang pertama kali mengajukan sebagai komponen yang tidak dapat dibagi-bagi lagi dari konsep atom. Dengan menggunakan metode-metode kimia lebih jauh lagi zat-zat tertentu tidak bisa dibagi lagi, hal ini yang ditunjukkan oleh para kimiawan yang meletakkan dasar-dasar pemikiran tersebut pada sekitar abad ke-17 dan ke-18. Didalam atom struktur dan komponen-komponen subatom berhasil ditemukan oleh para fisikawan selama akhir abad ke-19 dan awal abad ke-20, bahwa atom tidaklah bisa dibagi-bagi lagi yang merupakan bukti dari penemuan tersebut. Setelah itu struktur atom bisa diciptakan dari prinsip-prinsip mekanika kuantum yang digunakan oleh para fisikawan.

Struktur Atom

Dengan masa yang sama kecil dengan objeknya dari struktur atom tersebut sehingga dalam pengamatan sehari-harinya relatif mudah. Dengan menggunakan peralatan khusus seperti mikroskop penerowongan peralatan khusus, atom bisa dipantau. Pada inti atom masa atom berpusat lebih dari 99,9 %, yang bermassa hampir sama dengan neutron dan proton. Peluruhan radioaktif bisa dialami karena paling tidak satu isotop dengan inti yang tidak stabil dimiliki oleh setiap unsur. Pada inti jumlah neutron dan proton bisa diubah karena transmutasi sebagai akibat dari hal itu. Dengan perbedaan energi antara aras sebagai penyesuai dari foton yang memancar atau terserap karena stabilnya dari sejumlah aras energy atau orbital yang merupakan kandungan dari struktur atom yang mengikat electron. Sifat-sifat magnetis atom tersebut akan terpengaruh dan sifat-sifat kimiawi sebuah unsur akan ditentukan oleh electron pada atom

Perkembangan Model Atom

Bagian yang tidak dapat dibelah lagi akan ditemukan pada saat tertentu ketika secara terus menerus suatu benda di belah, ini merupakan pendapat Democritus yakni seorang filsuf Yunani. Dan atom merupakan sebutan dari bagian ini seperti yang dikatakan oleh Democritus. Dengan arti “ tidak “ dari bahasa Yunani “ a “ dan yang berarti “ dibagi “ dari bahasa “ tomos “ yang merupakan asal dari istilah atom. Sehingga tidak dapat dibagi lagi dari arti kata atom tersebut. Sifat kimia dan sifat fisika sebagai benda asalnya masih dimiliki meskipun tidak bisa dibagi-bagi lagi dari bagian terkecil dari suatu unsur yakni atom sehingga hal inilah sebagai penyempurnaan arti tentang struktur atom tersebut.

Dimana A = nomor massa (yakni jumlah proton dan neutron yang menunjukkan massa atom) dan Z = nomor atom (yakni jumlah proton atau electron) sehingga atom bisa dilambangkan dengan ZXA. Bermuatan negatif pada electron, tidak bermuatan (netral) dari neutron tersebut dan bermuatan positif dari proton. 1.800 kali massa electron dari massa proton-massa neutron. Disebut dengan isotop karena mempunyai nomor massa yang berbeda dan nomor atom sama dari atom-atom tersebut.
Dinamakan isoton karena jumlah neutron yang sama dimiliki oleh atom – atom dan dinamakan dengan isobar karena nomor atom berbeda dan nomor massa sama yang dimiliki oleh struktur atom.

{ 1 comment… read it below or add one }

krismaulana August 6, 2012 at 3:24 am

mas mas …info tentang teori model atom mekanika kuantum dong :D

Reply

Leave a Comment

Previous post:

Next post: