Capaisukses

Sejarah Perkembangan Komputer di Dunia

by Tofik Online

dollar-sign

Sejarah Perkembangan Komputer – Sejak dahulu manusia sudah menggunakan alat-alat mekanik dan elektronik untuk mengolah suatu data. Seiring dengan perkembangan jaman alat-alat mekanik dan elektronik itu dirangkai sedemikian rupa sehingga menjadi sebuat alat yang sekarang kita sebut dengan komputer. Komponen-komponen dalam komputer merupakan perkakas penting dalam penghitungan dan penyimpanan data. Dalam waktu yang relatif singkat komputer terus berkembang, dari satu peralatan mekanis berubah dengan menggunakan tabung hampa yang kemudian ke sirkuit elektronik. komputer sangat membantu manusia dalam penghitungan dan pengolahan data dalam mendapatkan hasil yang lebih cepat. Sejarah perkembangan komputer merupakan serangkaian peristiwa panjang para ilmuwan dalam menciptakan dan memperbaharui komputer supaya menjadi lebih sempurna.

Alat Hitung Pertama di Dunia
Sejarah perkembangan komputer dimulai saat abacus ditemukan. Abacus merupakan alat hitung pertama di dunia, abacus berasal dari mesir yang kemudian dibawa oleh orang cina yang kemudian namanya berubah menjadi cipoa. Abacus atau cipoa ditemukan sekitar 5000 tahun yang lalu. Dengan adanya cipoa manusia saat itu sangat terbantu dalam menghitung, itu terbukti saat cipoa digunakan dalam sekolah dan perbisnisan modern.

Setelah itu pada tahun 1623-1662 seorang ahli filosofi dan matematika, pascaline Blaise Pascal, yang lebih kita kenal dengan pascal, menemukan alat penghitung mekanik pertama yang kemudian dirakit menjadi sebuah mesin yang disebut dengan pascaline. Karena penemuannya ini pascal dikenal sampai keseluruh eropa. Mekanisme kerja pascaline yaitu dengan menggunakan Roda Penghitung dalam menjumlahkan bilangannya. Manusia saat itu sangat terbantu dengan adanya pascaline sehingga desain roda penghitung dalam pascaline masih dipakai sampai pertengahan tahun 1960. Tetapi ketika terjadi kerusakan alat ini sangat sulit untuk diperbaiki, sistemnya sangat rumit dan hanya pascal yang bisa memperbaikinya, sehingga para pengusaha masa itu menganggap alat tersebut sangat kompleks. Selain itu tenaga kerja dibidang aritmatik masih relatif murah dibanding dengan mesin. Sejarah perkembangan komputer dimulai setelah alat penghitung mekanik dianggap usang yang kemudian ditemukannya alat penghitung elektronik.

Komputer

Komputer

Sejarah perkembangan komputer dipercepat dengan adanya penemuan dari Babbage s folly atau yang lebih dikenal dengan Charles Babbage (1792-1871). Dia menemukan sebuah difference engine yang merupakan sebuah hardware pada komputer, difference engine berfungsi untuk menghitung tabel matematika. Kemudian pada tahun 1834, ketika babbage ingin mengembangkan difference engine-nya, dia mendapatkan ide mengenai analitycal engine. Orang-orang skeptik menyebut penemuannya dengan sebutan Babbage s Folly (kebodohan babbage). Sampai akhir hayatnya babbage bekerja dengan mesin penemuannya.

Pada Era teknologi, ketika babbage baru dilahirkan, Mesin penghitung elektronik mungkin sudah ditemukan jauh sebelumnya, tetapi mereka tidak sadar akan adanya ide-ide tentang memori, printer, punched-card dan mesin pengontrol. Punched-card pertama kali ditemukan oleh orang prancis yang bernama joseph-marie jacquard (1752–1834) tepatnya pada tahun 1801. Peralatan punched-card pertama digunakan dalam alat tenun dan sampai sekarang masih digunakan. Lubang pada alat tenun merupakan inti dari punched-card dan kartu-kartu tersebut menunjukkan sebuah desain untuk tenunan. Sejarah perkembangan komputer ini merupakan Hasil pemikiran-pemikiran babbage yang terperinci yang merupakan hasil penelitian, menggambarkan karakteristik dari komputer elektronik yang kita pakai saat ini.

Setelah ditemukannya alat tenun jacquard , babbage mempunyai pemikiran bahwa dia ingin menerepkan konsep punchedcard milik jacquard untuk analytical engine nya. Pada tahun 1843, Lady Ada Augusta Lovelace mendapatkan ide bahwa punched card tersebut dapat didesain untuk mengintruksikan mesin analisis milik babbage untuk mendukung operasi operasi tertentu. Meskipun masih diperdebatkan, atas pemikirannya ini, Lady Ada Augusta Lovelace dianggap sebagai programmer pertama oleh kebanyakan orang. Program yang diterapkan oleh Lady ada ini sangat membantu dalam sejarah perkembangan komputer.

Yang mendukung sejarah perkembangan komputer lainnya adalah ditemukannya mesin pemroses data otomatis yang digunakan oleh The US Bureau of Census, tetapi mesin ini tidak dapat menyelesaikan sensus sejak tahun 1880 sampai hampir 1888. Sebelum berlangsung selama 10 tahun , pimpinan Bureau segera menghentikan sensus dengan proses data otomatis. Kemudian, komisi the US Bureau, Herman Hollerith , seorang ahli statistik , menemukan suatu pemikiran bahwa mesin punched card dapat digunakan sebagai alat sensus, akhirnya, pada tahun 1890 dia menciptakan suatu mesin bernama Hollerith kemudian dia mengombinasikan mesin Hollerithnya dengan Punched card dan diberi nama (Holleriths punched card machine), dan dalam waktu 2,5 tahun sensus dapat diselesaikan. Inilah dimulainya pemrosesan data secara otomatis. Hasil kerja keras Dr. Hollerith membuktikan bahwa (kebutuhan merupakan ibunya penemuan) setelah penemuannya dapat diterima masyarakat, akhirnya Hollerith mendirikan Tabulating Machine Company yang kemudian menjual produknya ke seluruh dunia. Rusia, yang mengawali sensus pertamanya pada tahun 1897 dengan menggunakan mesin Hollerith. Kemudian pada tahun 1911, Tabulating Hollerith Company merger dengan beberapa perusahaan dan mengganti namanya dengan Computing tabulating Recording Company.

Sebelum Computing-Tabulating-Recording-Company mengumumkan telah menciptakan printer/lister, hasil (output) dari Electronical Accounting Machine buatan Hollerith masih harus ditulis tangan sampai tahun 1919. Beberapa tahun kemudian mesin printer/lister ciptaannya telah merubah jalan hidup perusahaan. Dan untuk mengembangkan perusahaan, pada tahun 1924 perusahaan mengganti namanya menjadi International Business Machine Corporation (IBM). Seiring perkembangan waktu, sejarah perkembangan komputer juga semakin canggih. Para ilmuwan terus mengembangkan teknologi pada mesin Punched-Card sampai pertengahan tahun 1950. Penambahan alat dan program membuat mesin punched-card menjadi semakin canggih. Pada setiap kartu biasanya mengandung sebuah record (misal nama dan alamat), pada pemrosesan punched-card juga ada yang disebut sebagai unit record processing (satu kartu = satu record). Di Indonesia mungkin mesin punched-card sudah tidak ditemukan, adanya program data interaktif dan on-line data entry membuat punched-card secara ekonomis menjadi mesin usang.

Sejarah perkembangan komputer telah mencatat berbagai perubahan yang terdapat dalam mesin punched-card. Tahukah kamu kalau sebelum calculator diciptakan dasar yang dipakai adalah teknologi yang ada pada mesin punched-card. EAM (Electromechanical Accounting Machine) merupakan keluarga dari mesin punched-card. Kebanyakan dari alat-alat EAM di program untuk melakukan operasi khusus dengan menyisipkan papan control yang prewired. Sebuah panel yang berbeda terhubung (wired) untuk tiap jenis operasi untuk bekerja. EAM banyak terdapat dalam alat-alat seperti card punch, reproducer, mesin akunting, verifier, summary punch, interpreter, sorter, collator dan calculator.

Lowongan kerja telah di buka menggunakan punched-card pada saat terjadinya proses punched-card ruangan mesin. Sebuah pabrik sangat mirip dengan ruangan tersebut. Dengan menggunakan gerobak punched-card dan hasil cetakan dari printer dipindahkan dari alat lain ke yang lainnya. Pada sebuah pabrik mobil tidak jauh berbeda tingkat kebisingannya. Untuk mempersiapkan yang akan diproses dari arsip-arsip punched-card tersebut, harus sudah tersusun dan diprosesnya kartu-kartu tersebut.

Karena dapat beroperasi secara bebas dari setiap alat-alat punched-card dan langkah-langkah mesin merupakan beberapa langkahnya untuk menghasilkan keluaran yang dibutuhkan. Dalam satu waktu dan dalam sekali langkah tiap arsip dapat terbaca dalam satu kartu. Selain itu biasanya dalam satu langkah informasi modern pada kebanyakan sistem, yang akan diproses hanya bagian dari database yang dibutuhkan saja.

Sejarah komputasi memiliki arti yang sangat penting bagi kita. Beberapa tahun terakhir telah banyak terjadi sesuatu yang menggemparkan tetapi tidak semeriah sejarah komputer elektronik. Pada waktu orang-orang tinggal dan bekerja, penemuan komputer oleh John V. Atanasoff (1942) bisa digolongkan pada salah satu dari peristiwa-peristiwa yang penting dalam sejarah. Namun, semua tidak terjadi begitu saja. Ada beberapa penemuan & peristiwa pada masa sebelumnya yang mendasari itu semua.

Sejarah perkembangan komputer elektronik modern memang dianggap mulai pada tahun 1942, tetapi penemuan-penemuan sebelumnyalah yang lebih berperan dalam penemuan-penemuan komputer elektronik saat ini. Tahukah kamu jika sejak dahulu manusia sudah menggunakan alat untuk membandingkan sesuatu maupun untuk menghitung. Alat kiraan pertama yang di gunakan adalah dacing, dimana manusia dapat membandingkan berat suatu benda, sedangkan alat yang digunakan untuk menghitung adalah sempoa atau dekak-dekak. Alat-alat inilah yang menjadi dasar pemikiran ditemukannya komputer pertama kali.

Jika kita lihat dan cermati begitu panjang proses penemuan komputer yang begitu canggih hingga sampai seperti saat ini, kita sebagai generasi muda apa yang akan kita ukir dalam sejarah perkembangan komputer.

Leave a Comment

Previous post:

Next post: