Capaisukses

Sejarah Pancasila sebagai Dasar Negara Indonesia

by Tofik Online

dollar-sign

Sejarah Pancasila – Ideologi dasar bagi negara Indonesia adalah Pancasila. Nama pancasila tersusun atas 2 kata dari bahasa sanskerta yaitu panca yang mempunyai arti lima, dan sila yang mempunyai arti asas atau prinsip. Pancasila adalah pedoman / rumusan kehidupan berbangsa dan bernegara untuk semua rakyat Indonesia. Bagi setiap warga negara indonesia harus mengetahui sejarah pancasila. Pansasila yang merupakan dasar negara ini telah di cantumkan dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 pada alenia ke-4, dan memiliki 5 sila (sendi) pokok, yaitu :
- Ketuhanan Yang Maha Esa
- Kemanusiaas yang adil dan beradab
- Persatuan Indonesia
- Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan / perwakilan
- Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

Sejarah Pancasila

Sejarah Pancasila

Tanggal 1 juni sering di peringati sebagai hari lahirnya pancasila, walaupun Pancasila telah mengalami beberapa tahapan perubahan dalam masa perumusannya tahun 1945.

Sejarah Pancasila dalam Perumusannya

Dalam usaha perumusan pancasila sebagai dasar negara yang resmi, ada pendapat-pendapat pribadi yang di utarakan dalan sidang Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (yang sering dikenal BPUPKI) yaitu :

Lima Dasar oleh Muhammad Yamin, melalui pidatonya pada tanggal 29 Mei 1945. Dengan perumusan Peri Ketuhanan, Peri Kebangsaan, Peri Kemanusiaan, Peri kerakyatan, dan kesejahteraan Rakyat. M. Yamin juga mengatakan jika ke-5 sila yang telah dirumuskan itu berdasar pada agama, sejarah, peradaban, dan hidup ketatanegaraan yang sudah lama di kembangkan di Indonesia. Namun Mohammad Hatta melalui memoarnya tidak yakin dengan pidato yang telah di sampaikan olek M. Yamin.

Panca Sila oleh Soekarno, melalui pidato yang tidak sengaja pada tangal 1 juni 1945 yang di peringati sebagai hari Lahirnya Pancasila. Berikut dasar-dasar yang telah di kemukakan oleh soekarno : dasar Ketuhanan, dasar Kesejahteraan, dasar Perwakilan, dasar Permusyawaratan, dan dasar Mufakat. Dan dalam pidato tanggal 1 juni itu soekarno juga mengucapkan Nama Pancasila.

Setelah menerima Rumusan Pancasila sebagai dasar negara yang resmi, Pancasila di buatkan beberapa dokumen penetapan yaitu :

  • Tanggal 22 Juni 1945 dalam Jakarta Charter ( Piagam Jakarta ) sebagai Rumusan Pertama
  • Tanggal 18 Agustus 1945 dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar sebagai Rumusan Kedua
  • Tanggal 27 Desember 1945 dalam Mukaddimah Konstitusi Republik Indonesia Serikat sebagai Rumusan Ketiga
  • Tanggal 15 Agustus 1950 dalam Mukaddimah Undang-Undang Dasar Sementara sebagai Perumusan Keempat
  • Rumusan Kedua yang di jiwai oleh Rumusan Pertama (kembali dalam Dekrit Presiden tanggal 5 Juli 1959) sebagai Rumusan Kelima.

Itulah tadi sejarah pancasila yang merupakan dasar negara Indonesia. Jadi sebagai rakyat Indonesia harus mengetahui dasar negara dan sejarah terbentuknya. Karena pancasila sebagai dasar negara setiap warga negara indonesia wajib menghormati sejarah pancasila.

Leave a Comment

Previous post:

Next post: