Capaisukses

Rincian Biaya Pernikahan

by Tofik Online

dollar-sign

Rincian Biaya Pernikahan – Sebelum pernikahan berlangsung sebaiknya harus tahu terlebih dahulu semua biaya pernikahan agar pernikahan bisa berjalan dengan lancar. Sekarang banyak pasangan muda mudi yang beranggapan bahwa biaya pernikahan itu mahal kemudian memaksa menunda keinginan menikah lebih cepat. Sebenarnya semua rincian biaya pernikahan itu bisa di siasati dengan cara kreatif yang terbaik.

Melalui pernikahan resmi, sepasang kekasih dan keluarga menjadi bahagia, tamu dan undangan yang hadirpun juga ikut merasakan kebahagiaan tersebut. Pernikahan merupakan suatu peristiwa yang paling indah dalam hidup setiap insan manusia. Banyak kerabat yang mengungkapkan bentuk kebahagiaan mereka dalam bentuk hadiah atau kado yang diberikan pada mempelai ke 2 mempelai.

Sebelum pernikahan berlangsung haruslah terlebih dahulu tahu rincian biaya pernikahan.
Kirra-kira apa saja yang menjadi pertimbangan saat merencanakan pernikahan?

1. Jumlah Undangan Pernikahan.
Banyaknya jumlah undangan pernikahan akan ikut menenetukan besarnya rincian biaya pernikahan, jadi semakin banyak orang yang di undang biaya untuk membuat undangan juga semakin besar.

2. Resepsi Pernikahan.
Biaya resepsi pernikahan merupakan bagian biaya yang terbesar, biasanya kita bisa mengeluarkan biaya sampai 50% dari seluruh anggaran pernikahan. Oleh karena itu dengan menentukan biaya resepsi pernikahan, kita sudah dapat memperkirakan total anggaran pernikahan secara keseluruhan yaitu 2 kali dari biaya resepsi.

3. Tema Pernikahan.
Tema pernikahan juga bisa menjadi faktor penting dalam merencanakan biaya pernikahan. Tema yang di pilih bisa berupa pernikahan tradisional, formal, modern atau bisa mengikuti adat kedaerahan.

4. Wedding Organizer.
Kita bisa memanfaatkan jasa wedding organizer jika mempunyai anggaran dana lebih. Hal ini akan membuat pekerjaan kita menjadi jauh lebih ringan, kita tidak perlu lagi repot membuat konsep pernikahan yang akan dilaksanakan, biarkan Wedding Organizer yang melakukannya untuk untuk tema pernikahan.

5. Souvenir Pernikahan.
Souvenir sering sekali dianggap hal yang sepele sebagian calon pengantin, padahal benda berharga Rp. 1000 – (paling murah) akan ikut menguras kantong kita jika tamu yang di undang jumlahnya banyak sehingga rincian biaya pernikahan ini jangan sampai di abaikan.

6. Video Shooting.
Yang ini juga penting, mengabadikan momen yang tak terlupakan tentu merupakan salah satu pilihan paling bijak dan sangat disarankan. Ini bisa di lakukan sendiri atau memakai jasa wedding organizer tadi.

7. Gedung Pernikahan.
Yang ini menurut saya juga sangat penting di perhitungkan. Kita harus mencari tahu besarnya tarif gedung pernikahan, fasilitasnya serta lokasi dengan rumah kedua mempelai. Kalau anggaran biaya pernikahan pas-pasan sebaiknya manfaatkan rumah sendiri untuk dijadikan lokasi pernikahan. Kalau sekiranya mampu mendekorasinya secara kreatif, pernikahan di rumah sendiribisa memberikan kesan lebih mendalam dan lebih menarik dibandingkan menyewa gedung. Tetapi ada baiknya apabila mempunyai biaya pernikahan lebih kita bisa menyewa gudung pernikahan yang megah. :)

Kesimpulannya jika bisa perhitungkan rincian biaya pernikahan sebaik mungkin sebelum melangsungkan pernikahan.

{ 5 comments… read them below or add one }

Habibi April 9, 2012 at 5:27 pm

udah nikah gan? kog taubiaya pernikahannya :D hahay

Reply

Tofik April 13, 2012 at 4:42 pm

belum pernah gan hahaha….
cuma kakak yang udah nikah… :)

Reply

tedty April 9, 2012 at 5:28 pm

suda buuuuuuk
anag gua ada selusin

Reply

Tofik April 13, 2012 at 4:41 pm

hehehe, semoga rincian biaya pernikahan bermanfaat

Reply

Pete October 9, 2012 at 1:16 am

rencana biayanya kok gak kliatan

Reply

Leave a Comment

Previous post:

Next post: