Capaisukses

Permainan Tradisional Indonesia

by Tofik Online

dollar-sign

Permainan tradisional indonesia adalah permainan yang sudah ada sebelum tahun 90an, permainan ini sering dimainkan oleh orang banyak dan memakai alat seadanya. Permainan tradisional Indonesia sangat beraneka ragam sebab di setiap wilayah mempunyai permainan tradisional sendiri-sendiri. Namun sekarang permainan tradisional banyak di lupakan, sebab anak-anak sekarang lebih menyukai permainan jaman sekarang seperti game online. Hal ini di sebab kan oleh kecanggihan teknologi, bukan hanya daerah perkotaan tapi daerah perkampungan pun juga menjadi sasarannya.

Permainan Tradisional

Permainan Tradisional

Berikut adalah beberapa permainan tradisional Indonesia :

1 . Kelereng
Dalam bahasa jawa permainan tradisional Indonesia ini sering disebut nèkeran yang berarti mainan kecil yang dibuat dari kaca, agate, dan tanah liat yang di bentuk bulat, serta mempunyai banyak ukuran. Namum kelereng yang sering digunakan anak-anak dalam permainan adalah kelereng yang memiliki ukuran diameter 1,25 cm (½ inci). Tak jarang juga mainan kecil ini di jadikan koleksi sebagai pengingat kenangan saat masih kecil dan warnanya yang menarik.

2. Petak Umpet
Untuk melakukan permainan tradisional Indonesia ini paling sedikit di butuhkan 2 orang, namun makin banyak orang makin seru juga permainan ini.
Cara permainin ini adalah sebagai berikut :
Langkah awal adalah menentukan penjaga yang sering disebut “kucing” dengan hompimpa. Setelah kucing terpilih, dia harus menghadap ke pohon, dinding, atau apapun yang telah disepakati dengan menutup mata serta menghitung 1 sampai 10, agar teman-teman bisa bersembunyi ( tampat “kucing” berjaga di setiap wilayah mempunyai nama berbeda, misalnya di Jakarta bernama inglo, sedangkan di wilayah lain bernama bon dan ada juga yang menyebut hong). Jika si “kucing” telah berhitung sampai angka yang di sepakati, misalnya 10 serta teman-temannya sudah tidak nampak, maka ini saatnya si “kucing” mencari dan menemukan teman-temannya.

3. Egrang
Egrang berjalan adalah egrang yang koplit dengan tangga untuk tempat berdiri serta tali yang dipasang di kaki sebagai pengikat saat berjalan menggunakan enggrang pada ketinggian normal tidak mudah jatuh. Dan egrang itu sendiri mempunyai arti tongkat (galah) yang di pakai untuk berdiri oleh seseorang dalam jarak tertentu di atas tanah. Di daerah sekitar pantai, tanah labil dan banjir sering mengunakan egrang untuk pondasi bagunan mereka agar gelombang, air laut dan tanah berdeser tidak mudah merusak bangunan mereka. Permainan tradisional Indonesia ini sudah ada sejak ratusan tahun.

4. Congklak
Permainan tradisional Indonesia ini di berbagai wilayah terkenal dengan jenis nama yang berbeda-beda. Congklak nama umum yang sering kita dengar, permainan ini menggunakan sejenis cangkang kerang untuk biji congklak namun juga sering di ganti dengan biji-bijian dari tanaman.

5. Galasin
Gobak sodor / galah asin / galasin merupakan permainan asli dari negara Indonesia. Permainan tradisional Indonesia ini di mainkan oleh 2 kelompok, dan satu kelompok terdiri atas 3 sampai 5 orang. Pokok permainannya adalah menghalangi lawan memperoleh kemenagan yaitu dengan menjaga garis agar lawan tidak bisa sampai pada baris terakhir dan balik ke garis awal, semua anggota kelompok harus melewati proses bolak-balik ini dengan aman pada tempat permainan yang telah di tentukan.
Permainan ini sering di lakukan memakai lapangan persegi dengan ukuran 9 x 4 m yang dibagi 6 bagian, dan garis batas bisa di garis dengan kapur. Namun untuk mempersingkat waktu kita sering memakai lapangan bulu tangkis untuk area bermain karena lapangan ini mempunyai acuan garis yang ada bisa kita gunakan. Anggota kelompok yang ke bagian menjaga harus dibagi 2, satu untuk menjaga garis vertikal dan satunya untuk menjaga garis horizontal.

6. Gasing
Permainan tradisional indonesia ini bisa dimainkan oleh orang dewasa maupun anak-anak, tidak jarang juga permainan ini di pakai untuk mengetahui nasib seseorang serta untuk berjudi. Gasing adalah sebutannya, mainan ini mudah untuk dikenali dan masuk dalam situs arkeologi. Mainan yang menggukan keseimbangan dengan berputar pada satu titik ini merupakan mainan tertua di dunia.

Silahkan kan mencoba pasti seru kok. Bagi Anda yang lupa atau tidak tahu permainan tradisional indonesia bisa mempelajari melalui artikel ini.

Leave a Comment

Previous post:

Next post: