Capaisukses

Perkembangan Teknologi Informasi

by Tofik Online

dollar-sign

Perkembangan Teknologi Informasi – Manusia merupakan makhluk yang sangat sempurna, dimana manusia dibekali akal dan perasaan. Manusia mampu menciptakan sesuatu karena adanya kebutuhan. Teknologi, merupakan kebutuhan manusia yang sangat penting. Karena dengan teknologi manusia mampu melakukan sesuatu dengan lebih cepat, tepat dan efisien. Teknologi tidak hanya dibutuhkan oleh orang-orang dewasa saja tetapi anak-anak, orang tua, semua membutuhkan teknologi. Sebagai contoh, yang lagi trend saat ini adalah teknologi informasi dan komunikasi ( TIK ). Meskipun kita tahu bahwa saat ini TIK yang kita nikmati adalah teknologi yang sudah dikembangkan dengan sangat maju, tetapi selama peradaban manusia masih ada maka tekonologi akan terus berkembang dan berkembang. Sekarang ini manusia sudah mampu berkomunikasi secara lisan dan mendokumentasikan informasi dalam bentuk tulisan dan ukiran baik dalam bentuk symbol dan gambar. Tetapi jika dilihat dari sejarahnya, sebenarnya TIK sudah mulai dikenal manusia sejak berabad-abad tahun yang lalu. Sejak zaman purba manusia sudah mencoba melakukan komunkasi dengan symbol-simbol dan isyarat. Hal ini merupakan titik awal dari perkembangan teknologi informasi.

Teknologi Komputer Canggih

Teknologi Komputer Canggih

Di zaman modern seperti saat ini TIK sudah sangat berkembang, manusia sudah mampu melakukan komunikasi jarak jauh dengan menggunakan handphone, internet dan lain sebagainya yang bisa membuat komunikasi lebih praktis dan cepat. Jarak dan waktu bukan menjadi sebuah halangan dalam melakukan komunikasi bahkan orang-orang yang berada di luar pulau atau luar negeri kini sudah mampu melakukan komunikasi secara voice ataupun video. Anda harus tahu dan harus mengikuti perkembangan teknologi informasi agar tidak ketinggalan. Sudah banyak hal-hal yang dilakukan melalui media internet ataupun elektronik, sebagai contohnya adalah e-learning, e-banking, e-library, e-laboratory, e-mail, dan masih banyak lainnya.

Media-media tersebut sangat membantu manusia dalam kehidupan sehari-hari bahkan menjadi kebutuhan bagi manusia yang tidak bisa dipisahkan. Selain untuk komunikasi teknologi juga dapat digunakan dalam proses pengolahan data. Selain itu ada juga barang-barang elektronik yang menjadi kebutuhan manusia yaitu televise, handphone,PDA, komputer dan lain-lain. Selama manusia masih mempunyai mimpi perkembangan teknologi informasi akan semakin pesat dan mendorong untuk ditemukannya alat-alat yang lebih canggih.

Tetapi tahukah anda, berabad-abad tahun yang lalu, bagaimana manusia melakukan komunikasi, alat-alat apa yang mereka gunakan, dan teknologi apa yang sudah mereka ciptakan. Pada zaman dahulu teknik dokumentasi informasi masih sangat sederhana, tetapi semakin berkembang dan terus berkembang hingga sekarang ini. Contoh-contoh alat yang digunakan adalah tulang, batu, kulit, tanah liat dan lain-lain. Teknik penyampaian informasipun masih sangat sederhana, terkesan lambat dan kurang efektif. Akhirnya setelah adanya revolusi industry, alat-alat mekanik dan elektronik sudah mulai ditemukan.

Jika dulu orang mengirim surat masih menggunakan kurir dan membutuhkan waktu yang lama, pada abad pertengahan orang sudah bisa mengirim surat menggunakan telegraf, dan sekarang dengan ditemukannya komputer dan internet orang sudah bisa mengirim surat mmenggunakan e-mail bahkan dalam hitungan detik surat yang kita kirim sudah sampai. Selain itu setelah Alexander Graham bell menemukan telepon, orang sudah bisa berbicara langsung meskipun jarak sangat jauh, dan telepon semakin berkembang hingga sampai saat ini. Ini membuktikan bahwa perkembangan teknologi informasi berkembang dengan sangat pesat.

Jika kita melihat televise, banyak animasi-animasi dan multimedia yang menampilkan tentang canggihnya teknologi di masa yang akan datang. Contohnya hologram 3 dimensi, yang memungkinkan manusia melakukan komunikasi dengan sebuah bayangan didepannya, pesawat super canggih, manusia terbang dan bahkan manusia bisa menghilang. Pertanyaannya, apakah mungkin manusia mampu menciptakan alat seperti itu. Mungkin saja, seperti yang kita bahas diawal penemuan itu didasari oleh adanya mimpi dan kebutuhan.

Sekarang ini kita sudah membuktikan bahwa manusia sudah bisa menciptakan robot, sebagai contohnya ada robot anjing, robot rumah tangga dan lain-lain, yang semua itu diciptakan untuk membantu kehidupan manusia. Jadi tidak menutup kemungkinan suatu saat nanti pekerjaan kita akan digantikan oleh robot, yang mampu bekerja secara otomatis dan mengoreksi kesalahan dengan sendirinya, bahkan memiliki perasaan layaknya manusia. Semua itu tidak lain adalah karena adanya perkembangan teknologi informasi.

Leave a Comment

Previous post:

Next post: