Capaisukses

Perkembangan Janin Bulan ke 1 sampai Bulan ke 9

by Tofik Online

dollar-sign

Perkembangan Janin – Mamalia yang berkembang setelah fase embrio dan sebelum kelahiran disebut dengan janin. Secara harfiah fetus dapat diartikan “ berisi bibit muda, mengandung “ dan bahasa ini merupakan dari bahsa latinnya. Sebelum kelahiran janin, pada manusia janin berkembang pada akhir minggu kedelapan kehamilan, pada saat terbentuknya struktur utama dan sistem organ. Calon Bayi merupakan sebutan dari janin ini.

Kira-kira pada hari ke 280 atau sekitar 40 minggu dan tidak lebih dari 300 hari ( 43 minggu ) merupakan perkiraan dari masa kehamilan dimulai dari konsepsi sampai lahirnya janin. Tiga triwulan merupakan pembagian dari masa kehamilan yang terdiri :
• Triwulan I yang dimulai dari konsepsi sampai 12 minggu
• Triwulan II yang dimulai dari 12 sampai 28 minggu
• Triwulan III yang dimulai dari 28 sampai 40 minggu
Hari pertama haid terakhir merupakan hitungan pertama pada awal kehamilan.

Janin

Janin

Perkembangan janin pada bulan ke 1
Bentuk bola yang menempel di dinding rahim merupakan sel telur yang telah dibuahi menjadi sekumpulan sel. Udang sebesar beras adalah bentuk dari kumpulan sel itu yang berkembang. Susunan saraf pusat dan jantung akan tumbuh pada tahap ini.

Perkembangan janin pada bulan ke 2
• 6 minggu dari umur kehamilan
Pada bulan-bulan ini organ-organ penting akan terbentuk seperti limpa, ginjal, hati, dan jantung. Selain itu juga terbentuknya otak, kaki dan tangan..
• 7 minggu umur kehamilan
Mata dan otak akan terbentuk
• 8 minggu umur kehamilan
Mulai terbentuknya struktur mulut, mata dan telinga.
• 10 minggu umur kehamilan
Mulai terbentuknya paru-paru dan mulai berfungsinya jantung.

Jika perkembangan janin sudah cukup lama dan dan ibu baru menyadari tentang kehamilan ini maka yang harus di lakukannya adalah pemasukan zat gizi yang di perlukan pada tubuhnya harus segera di penuhi. Kebutuhan-kebutuhan tersebut yakni mineral utamanya zat besi, zat pengatur / vitamin, zat tenaga dan zat pembangun. Selain itu sering lah makan meskipun dalam porsi kecil yang mudah dicerna dan tanpa bumbu banyak, konsumsi buah segar dan perbanyak minum air putih. Makan biskuit sebelum turun dari tempat tidur juga merupakan cara yang baik untuk anda.

Perkembangan janin pada bulan ke 3
Mulai dari kepala sampai pantat panjang embrio mencapai 5 cm dan 14 gram beratnya yakni kurang lebih sebesar telur ayam kampung. Pada bulan-bulan ini alat kelamin mulai tampak, air kencing mulai di produksi, kuku jari-jari tangan terbentuk dengan baik dan mulai dapat menggenggam jari-jarinya,kaki dan tangan sudah besar dan kecil, bibir mulai mengisap-isap, dapat terbuka dan menutup kelopak mata, sudah dapat terlihat hidung dan dagunya, dan sudah terbentuknya wajah.

Beberapa yang dikeluhkan pada ibu hamil muda

Karena perkembangan janin di dalam tubuhnya biasanya ibu yang sedang hamil muda sering mengalami keluhan-keluhan yakni sering meriang pada pagi hari, lemas, tidak mau makan, sering pusing dan muntah. Kadang ibu memerlukan penanganan yang lebih lanjut jika keadaan mereka makin memburuk. Karena ada pengaruh-pengaruh pada hormon kehamilan maka timbulah keluhan-keluhan tersebut. Namun dalam hal ini masalah-masalah di atas adalah normal.

Dengan terbentuknya fase organ-organ vital lainnya dan perkembangan otaknya saat pada triwulan I maka kandungan gizi yang masuk ke dalam tubuh jangan sampai berkurang, seperti misalnya vitamin dan mineral utamanya zat besi, zat pengatur, zat tenaga, dan juga selalu mengkonsumsi zat pembangun. Meskipun makan dengan porsi kecil namun harus tetap sering, dan selain itu makanan-makanan yang dikonsumsi upayakan beragam dengan cukup kualitas dan kwantitasnya. Karena itulah jika para ibu hamil dapat dengan baik menjaga pola makannya maka perkembangan janin di dalam nya juga akan berkembang dengan baik.

Perkembangan janin pada bulan ke 4
Organ dalam pada bayi akan terbentuk dan berkembang cepat. Tumbuhnya kuku pada jari kaki dan tangan. Kerena belum ada lapisan lemak yang ada pada tubuhnya maka bayi terlihat kurus. Di seluruh tubuh bayi pada akhir bulan rambut halus akan tumbuh.

Perkembangan janin pada bulan ke 5
Perkembangan bayi akan lebih pesat. Mencapai 13 cm dari panjangnya. Pada tubuh dan kulitnya terlapisi selaput putih dari yang dia produksi sendiri. Indranya mulai berkembang dan bulu mata, alis dan rambut mulai tumbuh. Bayi dapat menangkap cahaya yang terang mesti matanya terpejam.

Perkembangan janin pada bulan ke 6
Semakin matangnya sistem kekebalan tubuh dan pencernaannya. Tanda sistem pencernaan mulai bekerja bayi dapat mengeluarkan air seni. Selain itu pada saat istirahat, sang ibu akan dapat merasakan tendangan kaki dan tangannya karena ia kini sudah dapat mengontrol gerak tubuhnya. Namun bayi akan tidur jika ada suara yang ramai dan ada gerakan dari sang ibu.

Perkembangan janin pada bulan ke 7
Pada bulan ke 7 minimal 1 kali periksakan lah kehamilan anda, mengetahui posisi kepala bayi apakah sudah benar atau tidak (persentasi kepala) merupakan tujuannya. Ibu diminta sering nungging merupakan contoh kegiatan yang harus dilakukan dan yang akan dinasihatkan dalam upaya-upaya yang dapat membetulkan posisi jika persentasi belum benar.

Perkembangan janin pada bulan ke 8
Semakin terkordinasi pada gerakan bayi, dapat merasakan rasa asam dan manis serta juga dapat membuka dan menutup mata. Sekarang mungkin posisi kepala siap dilahirkan yakni pada posisi di bawah. Tapi dapat juga berubah sewaktu-waktu dari posisi ini.

Perkembangan janin pada bulan ke 9
Bayi kini bisa lahir kapan saja karena sudah lengkap terbentuk. 225 gram dari setiap minggunya ia akan bertambah. Di bawah kulitnya lapisan lemak yang tebal mulai berkembang, hal ini bertujuan dalam memberi cadangan energi untuk digunakan pada saat ia keluar dari rahim, selain itu membuat bayi tampak lebih berisi.

Bagi anda seorang ibu, sudah tahukah anda bagaimana sepatutnya yang kita lakukan bagi kebaikan buah hati kita. Mungkin pengetahuan di atas akan dapat memberikan wawasan lebih bagi anda tentang kesehatan serta pada perkembangan janin anda.

Leave a Comment

Previous post:

Next post: