Capaisukses

Penyebab Lutut Nyeri

by Tofik Online

dollar-sign

Penyebab lutut nyeri adalah adanya disfungsi salah satu tulang yang melapisi lutut yaitu ligamen dan tulang rawan. lutut merupakan sendi penyambung tulang yang memungkinkan orang untuk bergerak. Bisa dibayangkan jika seandainya tidak ada sendi diantara bagian tulang, yang pasti kita tidak bisa bergerak dengan bebas, bahkan untuk jongkok pun tidak akan bisa. Sendi merupakan bagian tubuh yang berfungsi sebagai penyambung tulang yang satu dengan tulang lainnya. Untuk bergerak sendi membutuhkan adanya pelumas, tetapi seiring bertambahnya usia pelumas ini juga akan berkurang sehingga menyebabkan gesekan keras pada tulang yang mengakibatkan nyeri pada lutut.

Penyebab Lutut Nyeri

Lutut merupakan bagian tubuh yang dilapisi oleh ligamen dan tulang rawan. seiring bertambahnya usia tulang ini akan berubah menjadi tipis dan mudah keropos. Selain itu lutut juga sangat rawan terhadap osteoarthritis. Osteoarthritis adalah suatu keadaan dimana pelumas yang ada pada permukaan lutut berkurang atau tidak sebanyak yang seharusnya (lebih sedikit) sehingga ketika bergerak tulang akan melakukan gesekan dengan keras yang mengakibatkan rasa sakit pada lutut, selain itu lutut juga bisa mengalami inflamasi (peradangan). Proses penuaan juga berdampak pada fungsi ligamen, seiring bertambahnya usia elastisitas ligamen juga akan berkurang karena adanya perubahan kimia pada protein pembentuk ligamen sehingga ligamen mudah rusak (robek), hal inilah yang menjadi penyebab lutut nyeri, dan untuk menyembuhkannya memerlukan waktu yang relatif lama.

Nyeri Lutut

Berikut ini adalah beberapa tips untuk mengurangi nyeri pada lutut, yaitu :

1. Penyebab lutut nyeri akibat otot yang kaku
Otot yang kaku merupakan salah satu penyebab nyeri lutut. Dengan latihan peregangan bisa memperkuat otot-otot sehingga tulang tidak mudah keropos. Peregangan juga berfungsi untuk memperkuat otot-otot di sekitar lutut. Peregangan otot juga bisa dilakukan dengan stretching (peregangan paha belakang), betis, dan paha depan.
Selain stretching latihan peregangan juga bisa dilakukan dengan gerakan jongkok, menarik kaki ke belakang pantat dll.

2. Penyebab lutut nyeri akibat berat badan berlebih
Nyeri pada lutut dapat disebabkan oleh berat badan berlebih atau yang disebut dengan obesitas. Lutut sebagai tumpuan untuk berdiri harus menanggung beban yang tidak sesuai dengan kapasitas yang seharusnya sehingga menyebabkan nyeri pada lutut. Maka dari itu untuk menghindari nyeri pada lutut, kita harus menjaga berat badan agar ideal. Olahraga adalah usaha yang bisa dilakukan untuk menjaga berat badan karena olahraga mampu membakar lemak dalam tubuh. usahakan tubuh aktif berolahraga selama 20 menit, minimal 3-5 kali dalam 1 minggu, atau mungkin kalau bisa luangkan waktu 20 menit setiap hari untuk berolahraga. Selain itu hindari makanan olahan dan makanan yang mengandung lemak tinggi, hal itu dilakukan untuk menghindari dampak yang kurang bagus yang bisa dialami oleh lutut

3. Penyebab lutut nyeri karena mengkonsumsi makanan yang kurang mengandung kalsium
Makanan yang mengandung kalsium tinggi dapat menghindari dan mencegah nyeri pada lutut. Karena dengan mengkonsumsi makanan berkalsium tinggi bisa mengganti dan memperbaiki struktur tulang yang keropos dan rusak. Susu skim dan yoghurt adalah produk susu yang mengandung kalsium tinggi, selain itu makanan yang mengandung kalsium tinggi adalah almond, jeruk, bayam, buncis, ikan salmon, dan kacang polong. Semua itu adalah bahan makanan yang bagus untuk kesehatan tulang. Selain ini anda perlu ketahui juga penyebab sakit kepala yang selama ini sering di alami oleh banyak orang, sekian penyebab lutut nyeri semoga bermanfaat.

Leave a Comment

Previous post:

Next post: