Capaisukses

Pengertian Sistem – Definisi Sistem

by Tofik Online

dollar-sign

Pengertian sistem atau definisi sistem pastinya tak banyak yang mengetahuinya. Aliran energy, mataeri atau informasi bisa mudah dengan penggunaan suatu kesatuan yang di dalamnya terdiri dari bagian-bagian elemen atau komponen yang berhubungan secara bersama yang mana hal ini disebut dengan sistema itu sendiri yang asal awal dari kata sistem adalah dari bahasa latin. Di dalam suatu wilayah sistem juga dinamakan dengan sebuag kesatuan bagian yang mempunyai hubungan yang berbeda-beda, selain itu sebagai penggerak sistem ini juga mempunyai item-item. Fungsi dari sistem adalah digunakan pada forum diskusi atau dokumen ilmiah dan juga untuk percakapan sehari-hari. pada banyak bidang dan banyak hal sistem ini juga seringkali difungsikan. Sehingga kata sistem ini akan semakin beraneka ragam mengingat luasnya penggunaan dari kata sistem itu sendiri.

Definisi dan Pengertian Sistem Menurut para Ahli

Menurut para ahli kata sistem itu mempunyai makna tersendiri dan supaya tidak simpang siur mengenai kata pengertian sistem itu sendiri maka baca artikel ini mengenai definisi tentang sistem yang sesungguhnya bagi anda.

Mengenai definisi dan pengertian sistem menurut para ahli di bawah ini akan disebutkan beberapa diantaranya :

1. Pengertian Sistem Menurut Raymond McLeod
Saling berkaitannya unsur-unsur dari suatu himpunan sehingga menjadi suatu kesatuan yang terpadu dan utuh disebut dengan sistem.

2. Pengertian sistem Menurut Umar Fahmi Achmadi
Adanya rangkaian dari berbagai komponen yang digambarkan dari suatu tatanan yang mana mempunyai tujuan dan hubungan sexara serasi, berjalan di dalam waktu yang terencana dan tertentu serta secara terorganisasi disebut dengan sistem menurut Umar Fahmi Achmadi.

3. Pengertian Sistem Menurut Zulkifli A. M
Menurut Zulkifli sistem merupakan gabungan dari semua komponen atau elemen baik benda nyata atau abstrak dimana benda ini kemudian dirangkai menjadi satu kesatuan (unity) dan satu sama lainnya saling behubungan, berketergantungan dan saling mendukung untuk menjalankan fungsinya. Ketika fungsi ini mampu bekerja secara optimal maka tujuan akan bisa segera tercapai.

4. Pengertian Sistem Menurut Koentjaraningrat
Dalam pemahaman Koentjaraningrat sistem adalah sesuatu yang tersusun dengan rapi, berfungsi dan bergerak dimana didalamnya terdapat ilmu pengetahuan. Ini juga memiliki objek dan secara umum objek ini dibatasi. Dari pengertian dapat diambil kesimpulan bahwa sistem adalah layaknya ilmu pengetahuan yang merumuskan dan menentukan susunan dalam mengamati objek yang hendak dijadikan studi dengan begitu terjadilah hubungan yang saling terkait antara ilmu yang digunakan dengan objek yang diamati.

5. Pengertian Sistem Menurut Djekky R. Djoht
Sistem merupakan pengelompokan atau agregasi beberapa objek dimana objek tersebut dirangkai menjadi satu dengan interaksi yang tetap dan saling behubungan. Selain itu, ini juga diambil dari unit-unit yang berbeda kemudian dikombinasikan sedemikian rupa, ini bisa terjadi karena alam atau seni sehingga terbentuklah satu kesatuan yang integral dan berfungsi, beroperasi atau bergerak.

6. Pengertian Sistem Menurut Pilecki
Sistem merupakan gabungan dari berbagai objek dengan atributnya masing-masing. Bagian-bagian ini kemudian bekerja sama dengan atribut untuk menjalankan suatu fungsi secara menyeluruh dengan tujuan sama atau satu. Dengan kata lain sistem terdiri dari bagian-bagian dimana bagian tersebut memiliki atribut, dan antara bagian dan atribut tersebut memiliki hubungan yang tidak terpisahkan.

7. Pengertian Sistem Menurut Bertalanffy
Menurutnya sistem merupakan gabungan antara berbagai komponen dimana komponen-komponen tersebut saling berhubungan dan bekerja sama dalam menjalankan fungsinya dan untuk mencapai tujuan bersama.

8. Pengertian Sistem Menurut Webster’s Unabridged
Menurutnya sistem merupakan gabungan berbagai elemen dimana setiap elemen saling berhungan dalam menjalankan fungsi dan tujuan sehingga membentuk suatu kesatuan yang besar yang biasa disebut dengan organisasi.

9. Pengertian Sistem Menurut Gordon B. Davis
Sistem merupakan satu kesatuan utuh dimana didalamnya terdapat bagian-bagian kecil yang saling berhubungan dan tidak terpisahkan. Bagian-bagian ini beroperasi bersama untuk mencapai tujuan bersama.

Itulah beberapa definisi mengenai apa itu sistem. Jadi setiap ahli memiliki pandangan yang berbeda mengenai sistem namun semuanya itu memiliki inti yang sama yaitu bagian kecil yang bekerja sama dalam mencapai tujuan bersama, secara sederhana itulah pengertian sistem.

{ 6 comments… read them below or add one }

nurindah March 28, 2012 at 4:07 am

blog.unsri.ac.id/indahndah/

Reply

SOFIAN April 7, 2012 at 7:30 am

HAHA

Reply

Tofik April 13, 2012 at 5:05 pm

terimakasih

Reply

kewer April 26, 2012 at 7:44 am

:35

Reply

Alya Hanie May 9, 2012 at 4:32 am

okd thx bgd yah info’a,,,,
salam kenal

Reply

Kolom Blog Gratis April 4, 2013 at 9:42 am

Thanks infonya bermanfaat sekali,…

Reply

Leave a Comment

Previous post:

Next post: