Capaisukses

Pengertian Pendidikan Menurut Para Ahli

by Tofik Online

dollar-sign

Pengertian Pendidikan adalah perencanaan dan usaha sadar dalam perwujudan proses belajar dan suasana pembelajaran bagi peserta didik untuk aktif dalam pengembangan potensi diri yang ada pada dirinya agar mempunyai kecerdasan, ketrampilan, kepribadian, pengendalian diri, kekuatan spiritual keagamaan, dan akhlak mulia yang di butuhkan seseorang dalam masyarakat.

Anda harus lebih tahu pengertian pendidikan dan begitu pentingnya untuk kehidupan. Pendidikan di lihat dari segi filosofi biasanya di ajarkan mulai ketika seorang itu bayi di lahirkan dan berlanjut sampai seumur hidup. Pendidikan bisa di ajarkan sebelum bayi di lahirkan, yaitu dengan cara membaca dan memainkan musik kepada bayi saat dalam kandungan, dengan harapan seorang ibu dapat memberikan pendidikan kepada bayi sebelum kelahirannya. Untuk sebagian orang, pendidikan formal tidak lebih berarti di bandingkan dengan pengalaman pribadi sehari-hari dalam kehidupan, seperti yang di katakan Mark Twain, “Saya tidak akan membiarkan sekolah menggagu pendidikan saya”. Dalam pendidikan anggota keluarga merupakan salah satu yang berperan penting sebab tanpa disadari keluarga sering memberi pendidikan mendalan meskipun berjalan tidak secara resmi.

Pengertian pendidikan secara bahasa yaitu pelatihan atau pengajaran untuk mengubah tata laku dan sikap seseorang maupun kelompok untuk proses pendewasaan diri. Dalam kamus Oxford terdapat beberapa pengertian mengenai pendidikan yaitu :

  1. Pengertian pendidikan adalah suatu proses yang terencana dalam pembelajaran mengenai pengetahuan serta pelatihan untuk pengembangan ketrampilan, yang khusus di tujukan untuk anak-anak dan remaja di sekolah, perguruan tinggi, dll.
  2. Pengertian pendidikan yaitu suatu bidang studi yang berkaitan dengan cara mengajarnya.
  3. Pengertian pendidikan adalah proses pembelajaran seseorang mengenai sesuatu dan bagaimana sesuatu itu dilakukan.

Fungsi Pendidikan

Berikut ini merupakan fungsi tetap suatu lembaga pendidikan, yaitu :
1. Menyediakan sarana untuk perbedaan pendapat / pembangkangan.
Sekolah mempunyai kemampuan untuk menumbuhkan nilai pembangkangan dalam masyarakat. Hal ini bisa di bayangkan dengan adanya ketidaksamaan pandangan antara masyarakat dan sekolah mengenai sesuatu hal, seperti sikap terbuka.
2. Mengurangi Pengendalian orang tua.
Lewat pendidikan di sekolah, orang tua menyerahkan hak dan tugasnya untuk mendidik anak.
3. Memperpanjang masa remaja.
Pendidikan sekolah mampu memperlama proses kedewasaan seseorang, sebab peserta didik masih bergantung pada orang tuanya secara ekonomi.
4. Mempertahankan sistem kelas sosial.
Melalui pengertian dan penjelasan pada pendidikan yang ada di sekolah, peserta didik diharapkan bisa menerima perbedaan privilese, prestise, dan status dalam masyarakat. Serta sekolah di harapkan mampu menjadi sarana mobilitas siswa menuju ke status sosial lebih tinggi atau setidaknya setara dengan status sosial orang tuanya.

Berdasarkan pendapat Hunt dan Horton, lembaga pendidikan berhubungan dengan fungsi manifes (fungsi yang nyata) di bawah ini :

  • Melestarikan kebudayaan,
  • Menyiapkan anggota masyarakat untuk mencari nafkah,
  • Menanamkan ketrampilan dan keahlian yang dibutuhkan dalam keikutsertaan (partisipasi) dalam demokrasi,
  • Mengembangkan bakat yang dimiliki seseorang untuk mendapatkan kepuasan pribadi serta untuk kepentingan masyarakat.

Sedangkan pendapat David Popenoe, fungsi pendidikan ada 4 macam, yaitu :

  • Menjamin integrasi sosial,
  • Sumber inovasi sosial,
  • Mengajarkan dan Memilih peranan sosial,
  • Pemindahan (Transmisi) kebudayaan,
  • Sekolah mengajarka corak kepribadian.

Dan di harapkan kita semua dapat memberikan pendidikan yang tinggi untuk anak-anak kita, agar mereka cerdas dan pandai dalan masyarakat. Itulah kesimpulan mengenai pengertian pendidikan.

{ 1 comment… read it below or add one }

galuhunyil May 19, 2012 at 7:56 am

kurang setuju sama pendapat memperpanjang masa remaja…

Reply

Leave a Comment

Previous post:

Next post: