Capaisukses

Pengertian Monitor Komputer

by Tofik Online

dollar-sign

Pengertian Monitor – Layar tampilan komputer adalah sebutan yang sering kita gunakan untuk menyebut Monitor. Kata Monitor sering dilukiskan dalam sebuah layar berbentuk persegi yang bisa memunculkan sesuatu dari komputer. Dan pengertian monitor ini juga mampu dilukiskan sebagai penilai kemampuan grafis.

Monitor dapat dikelompokkan dengan berbagai cara, melihat kemampuan melalui warna yang telah di produksi oleh monitor merupakan cara yang sering di pakai.

Monitor

Monitor

Minitor bisa di kelompokkan menjadi 3 kelas, yaitu :

Color
Pengertian monitor color adalah monitor berwarna yang mempunyai 16 sampai 1 juta warna yang tidak sama. Monitor ini sering di sebut dengan monitor RGH sebab monitor ini bisa mendapatkan 3 jaringan yang tidak sama yaitu Green (Hijau), Blue (Biru), dan Red (Merah).

Monochrome
Pengertian monitor monokrom adalah monitor yang menggunakan 2 warna, yaitu warna foreground dan warna background. Warna ini di dominasi oleh warna hijau dan hitam, kuning dan hitam, serta warna hitam dan putih.

Gray Scale
Pengertian monitor Gray Scale yaitu monitor istimewa dari monitor monokrom yang mampu menghasilkan bayangan ungu yang tidak sama.

Jika pengertian monitor di atas sudah di mengerti,foktor terpenting dari monitor adalah ukuran (yang lebih dikenal dengan sebutan Screen atau ukuran layar) yang membandingkan lebar 1 inci sama seperti ukuran layar pada televisi. Jarak antara sudut satu dengan sudut lainnya tidaklah sama.

Pada dasarnya ukuran terkecil pada sebuah layar monitor adalah 14 inci, namun untuk monitor dengan layar penuh biasanya memiliki ukuran layar 16 inci.

Tidak hanya itu monitor menurut ukuran bisa di buat Landscape (memiliki ukuran lebar lebih besar daripada ukuran tinggi) dan Potrait (memiliki ukuran tinggi lebih besar daripada ukuran lebar). Monitor dengan bentuk landscape bisa ditampilkan 2 halaman penuh dengan saling bersebelahan satu dengan yang lainnya.

Untuk mengetahui seberapa padat pixel (sering di sebut dengan titik per inci) yang terdapat pada monitor maka dapat dilihat dari Resolusi pada monitor. Pada dasarnya, jika banyak pixel yang ada pada monitor maka gambar yang dihasilkan semakin tajam.

Model monitor sekarang banyak yang bisa menunjukkan sekitar 1024 sampai 764 pixels, bagi yang menggunakan kartu grafis standart. Dan untuk model monitor berlayar penuh dapat menunjukkan sekitar 1289 sampai 1024 pixels, kadang juga bisa menunjukkan 1600 sampai 1200 pixels.

Bukan hanya itu saja namun monitor dapat di kelompokkan menggunakan berberapa cara lain yang umun di pakai yaitu menurut istilah pada jenis jaringan yang di dapat oleh monitor. Apakah digital dan analog itu?

Sekarang banyak monitor mendapat jaringan analog, yang memiliki syarat agar menggunakan SVGA, 8514/A, VGA dan beberapa resolusi warna standart lainnya.

Tidak banyak monitor mempunyai frekuensi yang sama artinya jika monitor tersebut hanya mendapatkan masukan dari 1 frekuensi saja. Namun kebanyakan diantara monitor merupakan “Multiscanning” yang artinya jika monitor tersebut secara otomatis akan menyesuaikan frekuensi jaringan yang telah mereka dapatkan

Hal ini membuktikan jika monitor dapat menunjukkan gambar dengan resolusi yang tidak sama, dan sesuai dengan data yang didapat dari video adapters. Selain definisi monitor ini anda juga dapat membaca tentang pengertian komputer. Itulah pengertian monitor komputer, semoga bermanfaat untuk menambah pengetahuan Anda.

Leave a Comment

Previous post:

Next post: