Capaisukses

Pengertian HIV AIDS

by Tofik Online

dollar-sign

Pengertian HIV AIDS – Acquired Immunodeficiency Syndrome atau Acquired Immune Deficiency Syndrome (yang lebih dengan AIDS) adalah gejala infeksi (sindrom) yang timbul karena rusaknya sistem metabolisme tubuh akibat virus HIV atau virus-virus lain yang sama dan menyerang spesies lainnya (SIV, FIV, dll). Virus itu senbiri bernama HIV (human Immunodeficiency Virus) yaitu virus yang melemahkan kekebalan tubuh manusia. Orang yang terserang virus ini akan mudah terinfeksi oportunistik ataupun tumor. Meski HIV AIDS ini belum ada obat penyembuhnya, namun perkembangan virusnya bisa di perlambat.

Virus HIV dapat melular melalui kontak langung antara lapisan kulit dalam (membran mukosa) atau aliran darah, dengan cairan yang mengandung HIV (seperti : cairan vagina, cairan preseminal, darah, air mani, air susu ibu, ). Penularan HIV AIDS ini dapat juga dengan melakukan hubungan intim dengan orang yang terinfeksi,ibu yang terkena virus menyusui bayi selama kehamilan, transfusi darah maupun melalui jarum suntuk yang sudah terkena virus ini.

Pengertian HIV AIDS

Pengertian HIV AIDS

Sebelum membahas pengertian HIV Aids lebih dalam menurut penelitian, HIV AIDS berasal dari Afrika Sub-Sahara dan kini menjadi wabah penyakit yang menginfeksi kurang lebih 38,6 juta jiwa di penjuru dunia. Sejak awal kemunculan virus Aids tanggal 5 juni 1981 lebih dari 25 juta jiwa telah meninggal dunia, hal ini diperkirakan oleh UNAIDS yang bekerja sama dengan WHO januari 2006. AIDS diakui sebagai wabah penyakit paling berbahaya karna telah membuat 2,4 sampai 3,3 juta orang meninggal di tahun 2005, dan 570.000 jiwa di antaranya adalah anak-anak. Jumlah tersebut sepertiganya adalah penduduk Afrika Sub-Sahara, hal ini membuat pertumbuhan ekonomi negara ini terhambat dan kekuatan sumber daya manusia hancur. Perawatan antiretrovirus mampu mengurangi tingkat kematian dan penyebaran infeksi HIV, tapi tidak semua negara mempunyai jalan mengobatan ini.

Penderita HIV AIDS memiliki hukuman sosial yang berat di banding dengan penyakit mematikan lainnya, tak jarang hukuman sosial ini menyerang petugas sosial maupu sukarelawan yang merawat orang yang hidup dengan HIV AIDS (ODHA).

Selain pengertian HIV Aids anda juga harus tahu gejala AIDS tidak menyerang orang-orang yang memiliki sistem kekebalan tubuh yang baik, namun AIDS disebabkan infeksi oleh bakteri, parasit, virus, dan fungi yang di kendalikan oleh unsur-unsur kekebalan tubuh yang di rusak oleh HIV. Pada penderita AIDS infeksi oportunistik hampir mempengaruhi seluruh tubuh dan ini beresiko menderita kanker lebih besar seperti sarkoma kaposi, kanker sistem kekebalan tubuh (limfoma) dan kanker leher raham. Penderita juga mempunyai gejala infeksi sistematik seperti berkeringat pada malam hari, kedinginan, deman, pembekakan kelenjar, penurunan berat badan, serta merasa lemah. Infeksi oportunistik pada penderita AIDS dapat dipengaruhi oleh tingkat kekerapan proses infeksi pada wilayah geografis tempat tinggal penderita. Sekian pengertian HIV AIDS semoga bermanfaat untuk anda.

{ 1 comment… read it below or add one }

Ismail December 9, 2012 at 5:21 am

Sebanarnya penyakit HIV AIDS ini timbul karna apa?

Reply

Leave a Comment

Previous post:

Next post: