Capaisukses

Pengertian Globalisasi – Definisi Globalisasi

by Tofik Online

dollar-sign

Pengertian globalisasi adalah perkembangan kontemporer yang memiliki pengaruh dalam perubahan dunia pada masa yang akan datang. Pengertian ini merupakan pengertian secara umum. Efek perubahan globalisasi telah kita rasakan saat ini. jika didefinisikan lebih sempit lagi, globalisasi memiliki pengertian semakin sempitnya ruang dan waktu karena adanya teknologi perkembangan informasi yang begitu cepat dan mengalir di seluruh penjuru dunia. Globalisasi memiliki dampak yang begitu signifikan sehingga mengandung efek positif dan negatif. Efek positif seperti luasnya informasi yang bisa menghilangkan jarak dan waktu. Sedangkan dampak negatifnya adalah masuknya budaya barat yang tidak sesuai dengan moral bangsa sehingga dapat merusak generasi muda sebagai generasi penerus bangsa.
Globalisasi
Sesungguhnya tujuan dari globalisasi adalah untuk meningkatkan taraf hidup manusia menjadi manusia modern dengan pemikiran yang luas. kemudahan-kemudahan yang bisa diperoleh dari globalisasi mempercepat manusia untuk belajar dari berbagai sumber. Tetapi jika hal ini tidak diimbangi dengan kecerdasan emosi dan spiritual efek globalisasi malah akan menjadi petaka bagi manusia yang dapat menurunkan kualitas hidupnya. Manusia akan lebih terjerumus dalam hal-hal negatif yang sangat merugikan bagi diri sendiri dan orang lain. Maka dari itu kita sebagi manusia yang memiliki akal dan moral yang tinggi hendaknya mampu menyaring setiap informasi yang masuk dan dengan cerdas memanfaatkan globalisasi dan membuang segala hal yang tidak sesuai dengan etika dan perkembangan manusia, itulah pengertian globalisasi yang sesungguhnya.

Berikut adalah pengertian globalisasi yang diperoleh dari berbagai sumber terpercaya, antara lain :

1. Berdasarkan cendekiawan barat
Pengertian globalisasi menurut cendekiawan barat adalah suatu proses kehidupan yang sangat luas tidak hanya berbatas pada satu aspek kehidupan melainkan seluruhnya yang mencakup ekonomi, politik dan sosial dan dapat dinikmati oleh semua orang di dunia ini. dari pengertian ini kita bisa mengambil kesimpulan bahwa suatu proses yang semakin hari semakin berkembang dan maju yang bertujuan untuk peradaban yang jauh lebih baik sehingga tercipta kehidupan yang harmonis, damai dan sejahtera di seluruh dunia. Dengan dua pengertian ini diharapkan manusia mampu mengambil hikmah dan manfaat dari perkembangan teknologi.

2. Kamus bahasa
Pengertian globalisasi menurut kamus bahasa adalah semakin sempitnya dunia ini akibat perkembangan teknologi yang sangat cepat sehingga memungkinkan manusia untuk berhubungan dengan manusia lainnya meskipun berbeda wilayah. Perkembangan ini sudah bisa kita rasakan, semakin lama teknologi semakin canggih hal ini sudah tidak mengherankan lagi karena teknologi sudah menjadi kebutuhan bagi manusia, sehingga motivasi untuk menciptakan pembaruan-pembaruan selalu ada.

3. Berdasarkan A. G. MC GEW
Pengertian globalisasi adalah suatu peristiwa, keputusan dan kegiatan yang terjadi pada satu belahan dunia yang bisa memberi efek atau dampak bagi belahan dunia lain dalam kehidupan individu maupun masyarakat.

4. Berdasarkan Wikipedia
Pengertian globalisasi adalah adanya hubungan yang saling membutuhkan dan ketergantungan antara manusia atau negara di seluruh dunia melalui bentuk perdagangan, investasi, perjalanan, budaya populer dan interaksi lain sehingga menjadikan semakin sempit batas-batas antar negara.

5. Berdasarkan Selo Soemardjan
Pengertian globalisasi adalah terciptanya sistem orgnaisasi dan komunikasi antara masyarakat di seluruh dunia yang mengikuti kaidah yang sama. Dengan adanya sistem yang sama serta kaidah yang sama diharapkan terciptanya perdamaian antar bangsa.

Globalisasi ada bukan untuk menjadikan manusia semakin terpuruk akibat adanya efek negatif yang ditimbulkan tetapi sesungguhnya teknologi diciptakan untuk kemanfaatan manusia sehingga terjadinya hubungan yang saling menguntungkan dan pembelajaran yang luas serta terciptanya perdamaian antar bangsa di dunia, itulah yang dapat kami sampaikan kepada anda tentang pengertian globalisasi.

Leave a Comment

Previous post:

Next post: