Capaisukses

Pacaran Dalam Islam apakah Boleh?

by Tofik Online

dollar-sign

Pacaran Dalam Islam – Disini saya akan berbagi pengetahuan tentang pacaran dalam islam, tentunya anda sudah tahu pengertian pacaran bukan?. Pernahkah anda suka dengan lawan jenis sampai anda memilih untuk pacaran?. Sebenarnya dalam agama Islam tidak membenarkannya. Hanya dengan pernikahan Islam memperbolehkan pacaran, seperti saling bertatap muka, cubit-cubitan dan saling membelai. Bukan dosa yang Anda dapatkan tetapi pahala yang Anda dapatkan. Bagi yang belum menikah, bagaimana cara berpacaran?. Bersabar untuk tidak menuruti hawa nafsu, jika menuruti hawa nafsu hanya akan membawa kita dalam kehancuran. Karena itulah agama Islam tidak membenarkana adanya pacaran. Tidak cukupkah contoh yang ada di sekitar kita tentang sikap anak remaja yang berpacaran pada jaman sekarang?, seperti banyak remaja yang memilih bunuh diri jika mengalami patah hati (broken heart), mengalami stres atau tekanan batin (seperti saya hehehe), moralnya rusak karena cara berpacaran yang mengarah pada perzinaan dan ada juga yang mengorbankan harta hanya untuk menyenangkan pasangannya.

Daripada kita memikirkan tentang pacaran dalam islam lebih baik mempelajari islam dengan baik. Pertama mulai merubah dari lingkungan pergaulan kita. Dalam agama Islam menganjurkan kita untuk berteman atau bersosial dengan orang-orang yang baik terutama sesama muslim. Dengan begitu kita bisa memperbaiki perilaku kita menjadi lebih baik lagi.

Seperti halnya pada saat kita sering membeli arang pada penjual arang, maka bau arang akan menempel pada pakaian kita dan jika kita sering membeli parfum pada penjual parfum, maka bau wangi parfum akan selalu menempel pada pakaian kita. Bukan berarti dalam agama Islam melarang kita untuk memilih teman, tetapi kita dianjurkan untuk bersosialisasi dengan orang-orang yang baik terutama sesama muslim akan memberikan manfaat kebaikan untuk kita sendiri, perlu anda ketahui pernikahan dalam islam agar anda akan lebih faham.

Selain pernikahan adalah pacaran yang di benarkan dalam Islam, apa ada pacaran yang melakukan hal yang positif?. Kalau pacarannya hanya saling mengingatkan tentang ibadah dan waktu shalat dan juga berkomunikasi lewat telepon atau sms. Apa dalam Islam diperbolehkan?

Seperti ada pepatah jawa mengatakan ”Witing tresno jalaran soko kulino” yang artinya rasa suka atau cinta dapat tumbuh bila sering berkomunikasi atau sering bertemu. Baiklah anggap saja pacaran yang seperti itu merupakan pacaran yang diperbolehkan dalam Islam. Tetapi kita perhatikan melalui cara-cara apa saja setan mencoba menjatuhkan manusia seperti membungkus keburukan dalam bungkus kebaikan, sehingga manusia tersesat dan mengikuti hawa nafsu.

Siapa yang akan berani menjamin kalau pertama hanya sekedar memberi kebaikan, mengingatkan dan hanya sms yang akan berujung pada hal-hal yang dilarang oleh agama?.  Sebab itulah Allah HambaNya untuk tidak melakukan perbuatan zina dan tidak membenarkan pacaran sebelum ada ikatan pernikahan. Apakah menasehati hanya dilakukan kepada lawan jenis saja?. Padahal masih banyak teman sesama jenis yang membutuhkan nasehat dari kita.

Kesimpulan pacaran dalam islam, apapun bentuk pacarannya kalau belum ada ikatan pernikahan sama halnya kita mendekati perzinaan dan zina merupakan dosa besar.  Na’udzubillahimindzalik…

Sehingga tidak ada kata pacaran dalam islam, terkecuali pacaran yang sudah ada ikatan pernikahan dan semoga kita terhindar dari perbuatan yang dilarang agama Islam. Amien.

{ 1 comment… read it below or add one }

Mustofa May 17, 2012 at 6:52 am

Benar, tidak istilah pacaran dalam Islam sebelum menikah….

Reply

Leave a Comment

Previous post:

Next post: