Capaisukses

Mengatasi Sembelit Pada Bayi dan Anak

by Tofik Online

dollar-sign

Mengatasi sembelit pada bayi merupakan satu hal yang sangat perlu diketahui oleh banyak ibu yang anaknya mengalami hal seperti ini. Karena sembelit ini seringkali mereka mengeluh yakni untuk membuang tinjanya saja anak atau bayi akan mengalami kesulitan dan lamanya dalam proses tersebut. Memang para orang tua seringkali resah jika sembelit atau konstipasi ini menyerang anak mereka apalagi jika berusia masih bayi, hal ini dikarenakan bayi tidak bisa mengeluhkan apa yang dia rasakan. Namun disisi lain sembelit sering dirasa biasa saja apabila yang mengalaminya anak-anak yang usianya 2 tahun ke atas.

Sebagai akibat dari bayi yang tidak bisa mengeluhkan apa yang mereka rasa sehingga akan terus-terusan menangis serta belum juga untuk buang air besar, maka sudah dipastikan bahwa orang tua akan khawatir karena kondisi anaknya tersebut. Dengan adanya sumbatan atau terlambatnya pada proses pembuangan feses terhadap anak dan bayi tak jarang juga para orang tua sulit untuk mengetahuinya. Dalam hal ini mengatasi sembelit pada bayi sangat diperlukan oleh banyak orang tua.

Sembelit Pada Bayi

Di dalam proses untuk buang air besar terkadang anak-anak belum bisa sadar apalagi mereka yang berusia 2 tahun ke bawah. Apalagi pengontrolan ini akan sulit untuk dilakukan bagi mereka yang kondisi tubuhnya cacat atau lambatnya perkembangan tubuh mereka. Jika cara mengatasi sembelit pada bayi tidak segera di cari tahu maka untuk buang air besar saja mereka akan kesulitan karena terlambatnya proses tersebut.

Kelainan ini harus kita waspadai apabila seorang anak ada masalah pada kesehatan umumnya, apalagi pada mereka yang tinggi dan berat badannya mengalami lambat pertumbuhan. Tak hanya itu saja pernyakit organik harus kita khawatirkan karena sembelit ini terjadi sejak mereka bayi. Kalau tidak segera mencari cara mengatasi sembelit pada bayi yang terus merasa resah adalah orang tua.

Faktor penyebab sembelit pada bayi

Tahukah anda kenapa sembelit bisa terjadi pada bayi dan anak-anak? Yang menyebabkan hal ini bisa terjadi karena berbagai faktor. Seperti pada anak tersebut menderita penyakit pada organ tubuhnya. Jika kita melihat lebih jeli lagi semenjak lahirnya bayi pada awal bulan faktor tersebut bisa muncul. Apalagi jika para orang tua memeriksakan anaknya ke bidan atau dokter maka kondisi tersebut bisa terlihat secara pasti.
Selain dari pada itu para orang tua harus menanyakan cara mengatasi sembelit pada bayi agar masalah ini tidak berlarut-larut dan lebih kronis.

Namun disisi lain penyakit yang terjadi pada organ tubuh sedikit terjadi pada anak-anak yang mengalami sembelit yang parah dan mereka yang berusia lebih dewasa. Satu hal yang sangat mempengaruhi adalah faktor psikologisnya. Adanya pengobatan yang di dapat maupun sisa dari penyakit yang sebelumnya di derita seringkali ada kaitannya dengan masalah emosi yang terjadi dan hal ini menurut agenda para medis pada banyak khasus. Lagi-lagi cara mengatasi sembelit pada bayi harus segera di cari tahu.

Pada bagian di bawah usus besar terjadi penyumbatan dan hal ini merupakan faktor lainnya. Untuk anak-anak salah satu kelainan yang sangat perlu diperhatikan adalah adanya penyakit pada usus besar yang lumpuh atau sering disebut juga dengan hirchprung. Hal ini bisa terjadi karena untuk berkontraksi saja usus besar tidak bisa melakukannya karena bagian ini terdapat serabut saraf. Oleh karena itu untuk mengatasi sembelit pada bayi segera periksakan ke dokter spesialis.

Sebagai akibat bukan dari terjadinya diare sembelit ini bisa diakibatkan karena parahnya cairan dan berat yang kurang untuk masuk di dalam tubuh. Selain dari pada itu konstipasi ini juga bisa terjadi pada anak-anak karena berlebihnya dan terus-terusan untuk mengeluarkan urin karena adanya penyakit serta tidak tahu apa penyebabnya di dalam tubuh anak tersebut zat kapur sangat berlebihan. Cara mengatasi sembelit pada bayi sangat diperlukan sejak dini mungkin.

Selain dari pada itu apabila di bagian anus cincin otot tidak bisa berfungsi untuk mengeluarkan tinja karena adanya luka maka hal ini juga sangat mempengaruhi dalam proses pembuangan feses. Selain dari pada itu obesitas, kanker dan kelainan pada saraf berat juga bisa menyebabkan lumpuh. Hipotiroidisme atau kelainan pada kelenjar gondok merupakan satu dari penyebab konstipasi pada anak-anak. Sehingga cara mengatasi sembelit pada bayi lagi-lagi sangat dibutuhkan.

Konstipasi yang terjadi pada anak-anak juga bisa disebabkan karena makanan yang dikonsumsi sehari-harinya. Seperti dalam waktu yang tidak singkat makan yang kurang, tidak cocoknya susu kaleng yang dikonsumsi dan yang paling berpengaruh adalah serat yang tidak tercukupi. Apabila tidak segera di cari tahu bagaimana cara mengatasi sembelit pada bayi maka hal ini bisa menjadi lebih kronis lagi.

Upaya pengobatan sembelit pada bayi dan anak

Supaya konstipasi tidak lebih parah lagi dan tidak terjadi secara terus menerus maka anda harus mencari cara mengatasi sembelit pada bayi salah satunya adalah dengan mengkonsultasikan ke dokter untuk segera mendapatkan pengobatan. Karena dengan begitu faktor yang menyebabkan hal ini bisa terjadi supaya cara pengobatannya sesuai. Seperti apabila hal ini dikarenakan sembelit maka yang harus dilakukan adalah pengobatan yang ditujukan pada penyakit sembelit atau konstipasi ini.

Dengan melakukan operasi maka ini merupakan cara yang sangat tepat apabila anak tersebut divonis adanya penyakit hirchprung. Apabila tidak segera dilakukan maka bisa saja penyaikit yang lebih kronis lagi akan muncul seperti infeksi usus kronis. Selain dari pada itu pengobatan yang khusus harus dilakukan apabila ada anak yang menderita sembelit sebagai akibat penyakit hipotiroidisme sehingga cara mengatasi sembelit pada bayi ini harus segera dilakukan.

Namun pangobatan yang sesuai harus tetap dilakukan apabila sembelit atau konstipasi fungsional yang dialami oleh anak-anak tidak diiringi dengan adanya penyakit lain yang terdapat di dalam tubuh mereka. Cara mengatasi sembelit pada bayi ini juga harus dilakukan dengan standar yang tidak berbeda.

Apabila sembelit dibiarkan terus-terusan dan cukup lama maka kondisi ini akan menjadi semakin parah apabila dalam mengatasi sembelit pada bayi ini tidak segera dilakukan semenjak awal karena gangguan ini akan terus menurus tetap dirasakan dan malah akan sangat kronis. Namun para orang tua juga bisa meperlunak feses apabila dari pertama kali feses yang keluar terasa sangat keras hingga sakit yang diarasakan sewaktu buang kotoran. Sebagai cara mengatasi sembelit pada bayi yang dapat mereka lakukan adalah dengan mengkonsumsi buah, sayur, agar-agar yang merupakan makanan yang kaya akan serat.

Dalam mengeluarkan kotoran pada sang anak posisi ketika BAB harus bisa diketahui oleh para orang tua, hal ini dikarenakan feses yang dikeluarkan apakah bisa mudah untuk dilakukan. Satu cara mengatasi sembelit pada bayi yang mudah untuk dilakukan adalah meminta anak anda untuk buang air besar dengan cara jongkok.
Feses akan lebih mudah untuk keluar dengan posisi tersebut. Tahukah kenapa? Karena feses akan mudah keluar karena tekanan pada rongga perut bisa meningkat dengan posisi seperti itu.

Di sisi lain tenaga psikiater harus diberikan oleh para orang tua apabila masalah sembelit atau konstipasi ini terjadi karena faktor psikologis. Apalagi gangguan depresi bisa dilihat dengan adanya hal tersebut. walaupun penyakit organic tidak ada namun dengan cara mengobati gejalanya saja tidak bisa dilakukan sebagai akibat dari kronisnya kondisi tersebut. Maka dari itu sejak awal sangat penting untuk mengatasi sembelit pada bayi.

Leave a Comment

Previous post:

Next post: