Capaisukses

Mengatasi Haid Tidak Teratur yang Benar

by Tofik Online

dollar-sign

Mengatasi Haid Tidak Teratur – Wanita yang normal pasti mengalami haid setiap bulan. Haid merupakan pengeluaran secara periodik dari darah dan sel sel darah tubuh yang keluar melalui alat kemaluan wania yang berasal dari dinding rahim secara berulang setiap bulan. Banyak kasus pada masyarakat yang sekarang ini mengalami haid tidak teratur maka dari itu kali ini saya akan berbagi tips tentang bagaimana cara mengatasi haid tidak teratur. Pada umumnya haid awal di alami wanita pada kisaran umur 10 – 16 tahun. Semua wanita tidak sama mulai mengalami haid, tergantung dari wanita tersebut, faktor yang mempengaruhinya di antaranya adalah kesehatan, emosi, status nutrisi serta berat badan yang terhadap tinggi tubuh. Namun sekarang banyak wanita yang sudah mengalami haid pada umur 8 – 11 tahun. Hari pertama terjadinya haid di tandai sebagai awal setiap siklus haid pada hari ke – 1. Haid pada umumnya di alami oleh wanita selama 3 sampai dengan 7 hari.

Haid Tidak Teratur

Haid Tidak Teratur

Akhir-akhir ini banyak yang menanyakan tentang bagaimana cara mengatasi haid tidak teratur. Ada banyak sebab yang memungkinkan terjadinya haid tidak teratur seperti kelelahan, kurang minum air putih, kurang memenuhi nutrisi, terlalu banyak mengonsumsi makanan yang mengandung lemak tinggi.

Tips Cara Mengatasi Haid Tidak Teratur dengan Baik

  • Memperbanyak minum air putih.
  • Melakukan refreshing sejenak dari rutinitas yang melelahkan atau mengurangi kegiatan yang cukup melelahkan.
  • Mengonsumsi ramuan alami yang dapat membantu anda untuk memperlancar haid.
  • Menambah jumlah hormon esterogen apabila jika terjadi kekurangan pada hormon ini, dan mengurangi hormon esterogen jika kelebihan hormon ini.
  • Memenuhi asupan gizi, vitamin dan nutrisi yang cukup dibutuhkan oleh tubuh.
  • Lakukanlah olahraga ringan secara rutin atau setiap hari.
  • Periksa kesehatan anda ke dokter jika mengalami suatu penyakit yang tidak anda ketahui sebelumnya.
  • Jika menderita penyakit diabetes melitus segera periksakan kesehatan anda ke dokter, dengan pemberian insulin agar dapat memperbaiki siklus haid dan dapat membuka kemungkinan untuk hamil.
  • Memberi obat penurunan kelenjar gondok ( Tiroid ), agar kebutuhan kelenjar cukup dan normal.
  • Mengonsumsi makanan dan buah – buahan yang banyak mengandung serat. Karena serat sendiri sangat penting dan baik untuk kelancaran haid pada wanita.
  • Bagi penderita penyakit kista, sebaiknya hindari makanan pedas, asam dan makanan cepat saji.
  • Konsisten menjaga pola makan yang baik dan teratur.
  • Tidak melakukan suatu pekerjaan yang berat karena ini akan mengganggu kinerja hormon pada dalam tubuh.

Sebaiknya anda pergi ke dokter untuk memeriksakan kesehatan alat reproduksi anda secara teratur. Usahakan selalu menjaga kesehatan anda karena kesehatan sangat penting serta jangan buat pikiran anda terlalu stress. Bila ada yang di tanyakan silahkan berkomentar, demikianlah cara mengatasi haid tidak teratur semoga bermanfaat untuk anda.

{ 6 comments… read them below or add one }

Widya September 7, 2012 at 6:07 pm

Saya berusia 20 tahun, saya mengalami siklus haid yang tidak teratur.
Terkadang saya haid 2bulan sekali,tapi hanya flak” saja.Kemudian 2bulan berikut’y saya haid dan bisa dibilang sangat lancar(Banjir),dan begitu seterus’Y.. tapi sekarang sudah hampir 3bulan saya belum haid.Bahkan saya khawatir kalo saya hamil,tapi setelah saya melakukan tes kehamilan dengan tespack,ternyata hasil’Y negatif.
Tolong solusinya.Trims

Reply

hairuni wati November 30, 2012 at 8:45 am

tolong berikan saran supaya haid saya teratur

Reply

Latiefa December 5, 2012 at 8:49 am

Saya jg berusia 20th mengalami hal yg sama banget dg mbk widya,,sering bgt haid 2bln sekali dan saat ni sdh 3bln tdk haid lg tp ketika saya tes kehamilan ternyata hasilnya negatif..
Mohon solusinya?

Reply

Tofik Online February 15, 2013 at 12:36 pm

segeralah konsultasi ke dokter

Reply

nurul hidayah March 9, 2013 at 8:19 pm

kurang lebihnya saya mengalami sama halnya seperti mbak widya, tolong di bantu solusinya

Reply

etsu April 11, 2013 at 8:29 am

saya berumur 30 tahun, saya tidak didatangani haid selama 3-4 bln. maalahnya saya tidak hamil. saya berusaha untuk mengurangkan berat badan akan tetapi ia akn mengambil masa. bolehkan saya mengambil apa2 pil untuk mengimbangi hormon saya? atau adakah perkara ini boleh mengakibatkan saya susah untuk hamil?

Thanks.

Reply

Leave a Comment

Previous post:

Next post: