Capaisukses

Manfaat Kunyit untuk Kesehatan

by Tofik Online

dollar-sign

Manfaat Kunyit – Asia Tenggara merupakan wilayah yang di tumbuhi salah satu tanaman rempah dan obat yakni kunyit. Indonesia, Australia, Malaysia bahkan sampai ke Negara Afrika yang merupakan Negara – Negara penyebaran di masa sekarang ini. Sebelum jauh membahas manfaat kunyit lebih jauh, tanaman rempah kunyit ini banyak dikonsumsi oleh hampir setiap orang Indonesia dan India serta bangsa Asia umumnya. Biasanya mereka menggunakannya sebagai fungsi untuk menjaga kesehatan dan kecantikan, sebagai jamu, sebagai pelengkap bumbu masakan dan masih banyak lagi. Zingiberaceae merupakan kelompok dari jahe – jahean dan kunyit termasuk di dalamnya. Konyet ( Madura ), Koneng ( Sunda ), Kunir ( Jawa ), Kunyit ( Malaysia dan Indonesia ), Kurkuma ( Belanda ), Turmeric ( Inggris ) merupakan nama local dari kunyit yang dikenal di berbagai daerah.

Kunyit

Kunyit

Di Negara – Negara Asia manfaat kunyit biasanya digunakan sebagai bahan – bahan rempah dalam masakan. Pada masakan sejenis gulai, biasanya kunyit di gunakan sebagai bumbu. Selain itu juga berfungsi sebagai bahan pengawet, atau sebagai bahan pemberi warna kuning pada masakan. Pada masa sekarang ini obat paten telah mampu di saingi oleh produk farmasi berbahan dasar kunyit, beberapa contoh dari mereka yakni, suplemen makanan ( Vitamin – plus ), fenil butason dengan harganya yang relative mahal, piroksikam, osteo – arthritis berbahan aktif natrium deklofenak atau peradangan sendi ( arthritis – rheumatoid ). Bahan tambahan juga biasanya ditambahkan pada suplemen makanan selain dari bahan baku ekstrak kunyit seperti misalnya Nepagin dan kolidon 90, Mg – stearat, Amprotab, Lesitin, Vitamin E, B12, B6 dan B12.

Khasiat kunyit sebagai obat

Obat dapat juga dipakai dengan bagian umbi ( rimpang ) nya yang berusia satu tahun lebih. Mencegah penggumpalan, menghentikan pendarahan, melepaskan kelebihan gas di usus, merangsang, mempengaruhi bagian perut khususnya pada lambung, membersihkan dan mendinginkan badan merupakan beberapa contoh dari manfaat kunyit. Selain itu bagi kebanyakan orang juga digunakan sebagai bahan dalam mengolah makanan. Selain itu ada lagi manfaat dari kunyit yaitu mengurangi pembengkakan selaput lendir mulut, anti kejang dan antiseptic, dan sebagai obat anti ganjal. Filtrate merupakan kunyit yang dapat dikonsumsi dalam bentuk perasan, yang berguna sebagai salep untuk mengobati bengkak dan terkilir. Selain itu filtrate juga dapat diminum sebagai ekstrak. Dengan membakar kunyit dan menghirupnya akan berkhasiat untuk menyembuhkan hidung yang tersumbat.

Beberapa hal yang berhubungan dengan penyimpangan pada kerja ginjal, kunyit juga bermanfaat untuk menyembuhkannya. Dengan timbulnya tanda – tanda seperti mata yang tidak tahan terhadap sinar dan bau badan yang tidak sedap dalam beberapa khasus, dengan adanya penggunaan kunyit akan sangat efektif bagi kesehatan. Selama 2 minggu rutin meminum segelas jus kunyit yang telah di buang ampasnya, mudah- mudahan segala keluhan anda dapat tersembuhkan.

Manfaat kunyit untuk kesehatan

• Bermanfaat dalam menyembuhkan penyakit kulit seperti gatal – gatal dan koreng
• Membantu menyembuhkan luka
• Bermanfaat dalam meringankan gejala rematik
• Sistem pencernaan dapat lancar
• Dapat memperlambat pertumbuhan dan penyebaran tumor
• Memiliki kandungan antoksidan dan anti peradangan.

Manfaat kunyit untuk kecantikan

• Dapat menghaluskan kulit
• Dapat mencegah keputihan
• Dapat memperlancar dan mengurangi rasa nyeri saat haid

Kekayaan alam yang bisa di manfaatkan sebenarnya masih banyak lagi seperti manfaat jeruk nipis dan manfaat buah alpukat. Dalam bentuk serbuk ataupun kapsul, anda dapat mengkonsumsi kunyit dengan mudah. Namun bagi anda yang tidak menyukainya dapat juga di minum dalam bentuk jamu. Tetapi perlu anda perhatikan juga bahwa hati dapat rusak karena akibat dari kunyit jika anda terlalu berlebihan dalam mengkonsumsinya. Namun anda tidak perlu khawatir karena jika anda mengkonsumsinya secara wajar akan dapat merasakan manfaat kunyit.

Leave a Comment

Previous post:

Next post: