Capaisukses

Manfaat Kencur untuk Pengobatan

by Tofik Online

dollar-sign

Manfaat Kencur – Salah satu jenis tanaman dalam suku temu-temuan dan merupakan tanaman obat adalah arti dari tanaman kencur. Kempferia galanga L. Kencur adalah istilah latin dari tanaman ini. Tanaman obat tradisional atau sering dikenal dengan istilah jamu merupakan kegunaan dari tanaman ini. Kunci, jahe, kunyit dan lain sebagainya masih berkerabat dengan kencur. Sejak jaman nenek moyang kita dahulu kencur sudah sering digunakan sebagai bahan jamu. Selama ratusan tahun lamanya tanaman ini telah di manfaatkan untuk pengobatan tradisional alami. Mungkin jika anda ditanya tentang beras kencur pasti mengetahuinya atau bahkan anda pernah merasakan jamu yang satu ini karena biasanya dapat ditemukan di penjual jamu gendong atau toko jamu lainnya.

Berbagai macam penyakit dapat disembuhkan dengan manfaat kencur yang terdapat pada kencur sendiri dan hal ini sudah dikenal sejak jaman dahulu. Beberapa penyakit ringan seperti keseleo, influenza, sakit kepala dan lain sebagainya dapat disembuhkan dengan khasiat dari tanaman ini. Namun tak hanya itu saja kencur juga dimanfaatkan sejak jaman nenek moyang untuk menghilangkan jerawat, batuk, mengobati tetanus, mengobati penyakit rematik, mengobati asma, meringankan serangan penyakit migraine serta bagi wanita yang mendambakan tubuh indah kencur juga bermanfaat untuk melangsingkan tubuh. Semua ini dikarenakan ada lebih dari 23 senyawa dan tujuh diantara senyawa ini mengandung senyawa seskuiterpena, senyawa aromatik dan senyawa monoterpana yang terkandung di dalam kencur, hal ini berdasarkan riset dari laboratorium yang telah dilakukakn.

Kencur

Kencur

Sebagai bahan kosmetik maupun digunakan sebagai bahan pembuatan obat modern saat ini banyak memanfaatkan bahan dasar dari kencur.

Cara Mendapatkan Manfaat Kencur

Anda dapat mengolah tanaman kencur dengan sangat sederhana jika anda ingin membuat ramuan secara tradisional. Dengan anda mengkonsumsi kencur secara rutin maka anda akan mendapatkan manfaat dari tanaman yang sangat berkhasiat ini, baik dalam bentuk suplemen modern maupun berbentuk jamu tradisional. Sebagai pelangsing tubuh merupakan salah satu dari khasiatnya. Caranya sangatlah mudah, dengan anda menyeduh dengan menggunakan air panas yang telah dicampur dengan 1 ruas kencur serta ditambahkan pula sesendok teh tepung beras dan gula kelapa sepotong maka tubuh anda akan dapat langsing jika anda meminumnya sehari 3 kali secara rutin. Anda juga dapat menambahkan es batu jika menginginkan cita rasa yang lebih segar.

Dibawah ini akan diberikan penjelasan lebih jelas lagi mengenai manfaat dari tanaman kencur.

1. Manfaat kencur untuk mengobati batuk
Cara : Siapkan 3 potong kencur sebesar jari tangan dan parut lalu saring. Masukkan air sari kencur ke dalam setengah gelas air yang sebelumnya telah ditambahkan dengan garam. Lalu minum ramuan ini 2 kali sehari atau setiap pagi dan sore hari maka batuk anda akan segera hilang dalam beberapa hari kemudian.

2. Manfaat kencur untuk mengobati asma
Cara : Siapkan perasan dari air kencur secukupnya, lalu tambahkan madu 2 sendok makan, telur ayam kampung 1 butir dan aduk semua bahan hingga merata. Sebelum meminumnya diamkan selama beberapa menit terlebih dahulu.

3. Manfaat kencur untuk mengobati rematik
Cara : Siapkan kencur 1 ons, jane 2 ons lalu potong – potong kedua rempah ini. Tambahkan pula beras 1 ons yang sudah dihaluskan serta biji kadawung 1 ons. Lalu didihkan semua bahan dengan menggunakan 2 gelas air hingga hanya tersisa 1 gelas saja. Untuk menikmat rasa bisa anda tambahkan madu sebanyak 2 sendok teh dan perasan air jeruk nipis setengah buah saja. Minum ramuan ini sehari 2 kali sebanyak setengah gelas tiap kali minum.

4. Manfaat kencur untuk pelangsing tubuh
Cara : Seduh dengan menggunakan 1 gelas air panas dengan mencampurkan kencur 1 rimpang, tepung beras 1 sendok teh dan gula kelapa 1 potong. Sebelum anda meminumnya diamkan terlebih dahulu hingga dingin lalu saring dan minum ramuan sehari selama sehari 3 kali.

5. Manfaat kencur untuk migraine
Cara : Siapkan sepotong kencur, jahe 3 cm, lempuyang 3cm, adas ½ sendok teh dan pulasari 5 cm. Lumatkan semua bahan dan tambahkan pula air sebanyak 6 sendok makan. Tambahkan sedikit madu dan peras ramuan ini. Minum ramuan ini sebanyak sehari 3 kali tiap kali minum sebanyak 2 sendok makan.

Nah, itulah semua penjelasan tentang tanaman kencur ini. Semua orang dapat menggunakannya karena tanaman ini tidak mempunyai efek samping yang berbahaya. Namun juga jangan terlalu berlebihan dalam mengkonsumsinya karena semua yang berlebihan itu tidak baik. Ada baiknya pula anda mengetahui manfaat lainnya seperti manfaat daun sirih dan manfaat buah mengkudu. Itulah semua artikel tentang manfaat kencur.

Leave a Comment

Previous post:

Next post: