Capaisukses

Manfaat Ginseng Untuk Kesehatan

by Tofik Online

dollar-sign

Manfaat ginseng dipercaya sangat ampuh, tidak heran jika harganya relatif mahal karena tidak semua daerah terutama di Indonesia yang bisa menghasilkan ginseng. Ginseng merupakan “ramuan ajaib” karena mampu menjaga kesehatan tubuh. Akar tanaman ginseng juga bermanfaat untuk menstabilkan tekanan darah.

Ginseng banyak ditemukan di Cina. Disana ginseng digunakan untuk campuran teh herbal, kebiasaan ini sudah dilakukan sejak berabad-abad tahun yang lalu karena manfaat ginseng baik untuk meningkatkan untuk daya tahan tubuh. Sedangkan di Indonesia ginseng digunakan untuk campuran obat tradisional karena ginseng mengandung zat bioaktif misalnya sapoins, vitamin, mineral, asam lemak, peptides, polyacetylenes, polysaccharides dan phytosterols.

Manfaat Ginseng

Dibawah ini akan di jelaskan apa saja manfaat ginseng.

1. Manfaat Ginseng Untuk Meningkatkan Daya Tahan Atlet
Bagi seorang atlet daya tahan adalah suatu hal yang paling penting. Oleh karena itu banyak atlet yang menjaga daya tahan tubuh mereka dengan olahraga, suplemen, vitamin dll. Penelitian sudah membuktikan bahwa ginseng berkhasiat untuk meningkatkan daya tahan tubuh karena ginseng dalam tubuh akan menjadi tonik stimulan.

2. Manfaat Ginseng Untuk Mengurangi Kelelahan
Ginseng mengandung zat adaptogenik yang bermanfaat untuk mengurangi rasa lelah karena zat ini akan mengubah rasa lelah menjadi energi. Untuk mendapatkan zat adaptogenik ini dapat melalui ekstrak ginseng.

3. Manfaat Ginseng Untuk Menurunkan Kadar Kolesterol
Ginseng juga bermanfaat untuk menurunkan kolesterol atau mengurangi kadar kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh karena ginseng mengandung zat ginsenocides yang berfungsi untuk mengikat kolesterol jahat.

4. Manfaat Ginseng Untuk Mencegah Perkembangan Kanker
Salah manfaat yang besar dari ginseng adalah untuk menghambat perkembangan kanker. Chinese Medicine Journal menyatakan bahwa ginsenoides yang terdapat pada ginseng memiliki bermanfaat untuk menghambat perkembangan siklus sel sehingga mampu menghambat pertumbuhan sel kanker. Zat ginsenoides pada ginseng juga berfungsi sebagai anti tumor sehingga mampu menginduksi kerusakan yang terjadi pada sel kanker prostat, sel kanker ovarium, sel paru paru adenokarsinoma dan sel-sel neuroblastoma.

5. Manfaat ginseng Sebagai Obat Diabetes
Ginseng juga bermanfaat sebagai obat diabetes karena ginseng mampu menurunkan kadar gula dalam darah dengan relatif cepat. Tetapi perlu dipertimbangkan lagi jika anda sudah menggunakan obat anti diabetes, sebaiknya jangan mengkonsumsi ginseng karena jika konsumsi bersamaan bisa menyebabkan kadar gula dalam darah terlalu jadi rendah. Tetapi jika memang anda ingin tetap mengkonsumsi ginseng sebaiknya konsultasi dulu pada ahlinya.

6. Manfaat Ginseng Untuk Merangsang Sistem Kekebalan dan Saraf
Salah satu manfaat ginseng adalah untuk merangsang sistem kekebalan dan saraf karena ginseng terbukti mampu menjaga daya tahan dan meningkatkan sistem kekebalan pada tubuh, seperti melawan flu dan infeksi lainnya. Selain itu sifat adaptogenik pada ginseng mampu menjaga dan meremajakan kulit, sehingga orang akan terlihat awet muda, sedangkan untuk orang tua zat ini juga berfungsi untuk memperbaiki sel yang rusak dan mengencangkan kulit.

7. Manfaat Ginseng Untuk Mengurangi Stress Mental
Ginseng bermanfaat untuk mengurangi stress karena ginseng mampu menyeimbangkan adrenalin. Seseorang yang memiliki beban mental terlalu berat sehingga mengakibatkan stress yang berlebihan membuat hormon adrenal (kortisol, adrenalin, noradrenalin) akan mengalir keluar sehingga mengakibatkan gangguan pada kesehatan. Selain itu ginseng juga membantu meningkatkan kewaspadaan mental, mengubah mood juga menghilangkan rasa lelah. Ginseng juga digunakan sebagai obat antidepressant dan anti kecemasan.

Manfaat ginseng memang sangat banyak, tetapi ada beberapa hal yang menyebabkan orang dilarang mengkonsumsi ginseng, yaitu:
1. Ibu hamil, ibu yang sedang hamil dilarang mengkonsumsi ginseng karena untuk mencegah adanya kontraindikasi
2. Pengidap hipertensi atau kardiovaskuler yang lain, penderita hipertensi yang sedang mengkonsumsi obat pengencer darah (warfarin, heparin, diuretic dan aspirin) dilarang mengkonsumsi ginseng untuk mencegah adanya reaksi
Jadi jika kita memang ingin mengkonsumsi ginseng, pastikan kita bukan termasuk orang yang dilarang agar kita bisa menikmati secara maksimal manfaat ginseng.

Leave a Comment

Previous post:

Next post: