Capaisukses

Manfaat Daun Salam bagi Pengobatan

by Tofik Online

dollar-sign

Manfaat Daun Salam – Sebagai penyedap dan pelengkap bumbu pada masakan mungkin itulah yang sering anda dengar dari manfaat daun salam. Tetapi selain manfaat itu masih banyak lagi kegunaan daun salam dalam bidang kesehatan dan dalam hal ini digunakan sebagai obat. Daun salam merupakan tumbuhan dengan nama latin Syzgium polyanthum. Bagi anda yang belum mengetahuinya tanaman ini bermanfaat untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit dan sebagai obat alami.

Memiliki pohon yang tinggi hingga mencapai 2 meter, mempunyai akar tunggang, dan berdaun rimbun merupakan karakteristik secara umum dari tumbuhan ini. Bentuknya lonjong hingga elips dengan ujung yang runcing merupakan helaian dari daun ini. Pada kebanyakan ibu – ibu, daun salam sangat berfungsi sebagai bumbu dapur, namun ada manfaat lain selain pada daunnya yaitu pada kulit pohonnya dapat difungsikan sebagai bahan pewarna jala dan sebagai anyaman bambu.

Daun Salam

Daun Salam

Menurunkan kolesterol dalam tubuh, asam urat, tekanan darah tinggi ( hipertensi ), maag ( gastritis ), kencing manis, hingga dapat mengobati penyakit diabetes merupakan manfaat lain dari daun salam selain sebagai obat alami.

Dengan melihat resep dibawah ini kita akan dapat mengetahui beberapa manfaat daun salam dalam mengobati berbagai macam penyakit, diantaranya adalah :

1. Manfaat daun salam sebagai obat sakit maag ( gastritis )
15 – 20 lembar daun salam yang masih segar anda siapkan setelah itu sebelum anda rebus menggunakan 0,5 liter air hingga mendidih cuci dahulu dan kemudan masukkan ke dalam didihan air selama 15 menit. Sebelum anda meminumnya selagi sudah dingin tambahkan dahulu gula secukupnya atau sesuai selera anda. Dengan anda meminum ramuan ini secara rutin, mudah – mudahan maag anda akan segera sembuh.

2. Manfaat daun salam sebagai obat asam urat
Dengan anda meminum saringan air rebusan tanaman ini maka asam urat anda akan dapat tersembuhkan. Caranya dengan mempersiapkan 10 lembar daun salam yang masih segar yang sebelumnya telah anda cuci bersih, setelah itu rebuslah empat gelas air dan tunggu hingga mendidih dan hanya tersisa dua gelas dari sarinya.

3. Manfaat daun salam untuk mengobati Kencing Manis/ Diabetes Mellitus.
Jika anda meminum saringan daun salam kurang lebih 2 x sehari saat sebelum makan, mungkin kencing manis anda dapat terobati. Caranya dengan menyiapkan sekitar 7- 15 lembar daun salam yang tentunya masih segar. Setelah itu siapkan 3 gelas air untuk merebusnya hingga mendidih dan tunggu sampai airnya menyusut hingga 1 gelas. Yang terakhir air dapat disaring atau di peras.

4. Manfaat daun salam sebagai obat sakit diare
Bagi anda yang mengeluh karena diare anda tidak berhenti – berhenti, anda dapat mencoba resep ini di rumah. Caranya siapkan 15 lembar daun salam yang sebelumnya telah di cuci bersih, kemudian persiapkan juga 2 gelas air untuk merebus hingga mendidihkannya, jangan lupa untuk menambahkan sedikit garam dan tunggu hingga air didihan telah menjadi dingin. Sebelum anda minum saring airnya terlebih dahulu.

Oh ya hampir lupa, baca juga manfaat daun alami lainnya seperti manfaat daun sirih dan manfaat daun sirsak. Beberapa kandungan flavonoid,minyak atsiri ( sitral, eugenol ), dan tannin yang terdapat pada daun sirih mempunyai berbagai macam keuntungan bagi kesehatan tubuh kita. Bagi anda yang belum tahu tidak ada salahnya jika anda membaca tips – tips dari kami seperti penjelasan di atas tentang apa saja yang dapat kita peroleh dari manfaat daun salam.

Leave a Comment

Previous post:

Next post: