Capaisukses

Manfaat Buah Tomat

by Tofik Online

dollar-sign

Manfaat Buah Tomat – Buat temen-temen yang belum tahu apa itu manfaat buah tomat disini akan saya uraikan apa saja yang kita manfaatkan dari buah tomat. Tomat sendiri bisa kita manfaatkan untuk kesehatan dan kecantikan terutama wajah. Seperti kita ketahui buah tomat sering dimanfaatkan sebagai bahan tambahan didalam makanan, selain itu buah tomat sering digunakan dalam jus (jus tomat). Awalnya tomat (Lycopercisum Esculentum) ditemukan di sekitar Peru, Ekuador dan Bolivia. Namun dalam waktu yang sangat singkat buah ini sudah menyebar di seluruh dunia termasuk Indonesia. Di Perancis, buah ini disebut dengan Pomme D’amour yang artinya buah cinta, karena ini sangat berkhasiat dalam memulihkan lemah syahwat juga meningkatkan jumlah sperma pada lelaki. Jika anda belum menyukai buah ini segera konsumsi, agar anda bisa menikmati khasiat yang ada didalamnya, untuk menambah selera anda terhadap buah ini, anda bisa mengolahnya sesuai dengan selera anda. Selain buah tomat ini temen-temen juga bisa membaca manfaat minyak zaitun dan manfaat air putih untuk kesehatan. Nah langsung saja di bawah ini adalah khasiat & manfaat buah tomat.

Manfaat Buah Tomat

Seperti yang kita ketahui bahwa tomat memiliki beberapa varietas yaitu tomat buah dan sayur. Tomat buah adalah tomat yang memiliki ukuran cenderung lebih besar atau sedang. Dan untuk tomat sayur, tomat cerry adalah jenis tomat yang memiliki ukuran lebih kecil yaitu sebesar kelereng. Untuk tomat buah anda bisa memakannya secara langsung atau membuatnya menjadi jus sedangkan untuk tomat sayur anda bisa mengolahnya sebagai tambahan bahan makanan juga sambal. Dengan begitu tomat bisa diolah menjadi berbagai olahan yang sangat lezat.

Sumber Nutrisi
Berdasarkan data yang dikeluarkan oleh Department Kesehatan RI pada tahun 2000 ternyata nutrisi pada tomat sangat banyak misalnya vitamin A, C, mineral dan zat fitonutrien. Dan nutrisi ini terdapat pada semua varietas tomat. Berikut ini adalah komposisi detail dalam 100 gram tomat, yaitu :
a. 40 miligram vitamin C
b. 1.500 SI (Satuan Indonesia) vitamin A
c. 5 miligram kalsium
d. 4,2 gram karbohidrat
e. 0,3 gram lemak
f. 1,0 gram protein
g. 20 kkal kalori
Dari data diatas kita tahu manfaat buah tomat sangatlah banyak maka dari itu segera jadikan ini sebagai menu harian anda.

Manfaat Buah Tomat untuk Kesehatan

Untuk menjaga kesehatan tubuh kita memang disarankan agar mengonsumsi makanan yang berwarna. Tomat memiliki warna yang cantik yaitu merah, ternyata pigmen warna merah ini banyak mengandung lycopene. Ini adalah zat antioksidan yang sangat berperan dalam melawan radikal bebas. Radikal bebas banyak terdapat pada polusi udara, rokok dan sinar UV, ketiga hal ini pasti kita alami dan ini tidak mungkin kita hindari maka dari itu untuk menangkal bahaya radikal bebas kita harus banyak mengonsumsi makanan yang banyak mengandung antioksidan. Selain menangkal radikal bebas, licopene juga mampu mencegah kerusakan sel yang bisa berakibat pada kanker leher rahim, prostat, perut dan pancreas. Tomat ternyata juga sangat ampuh dalam menurunkan demam karena tomat mampu bersifat antipiretik dalam tubuh, selain itu tomat juga tinggi akan serat sehingga sangat efektif dalam melancarkan pencernaan, dengan begitu anda akan terhindar dari masalah-masalah pencernaan seperti sembelit dan wasir. Itu semua adalah manfaat buah tomat bagi kesehatan.

Sedangkan manfaat buah tomat bagi kecantikan adalah mampu menyembuhkan jerawat, mengangkat kotoran pada kulit, mengurangi produksi lemak dan berperan dalam produksi kolagen. Maka dari itu jika anda memang care dengan penampilan anda tidak ada salahnya jika mulai sekarang anda mengonsumsi tomat. Dalam dunia kecantikan, tomat telah digunakan bahan dasar kecantikan seperti masker dan pil anti penuaan. Namun anda juga bisa menikmati khasiatnya dengan mengonsumsi langsung buah ini tanpa harus dalam bentuk pil.

Tomat untuk menghaluskan kulit wajah
Seperti yang sudah saya jelaskan diatas bahwa manfaat buah tomat yang lain adalah mampu menghaluskan kulit wajah dan menghilangkan jerawat yang menempel pada kulit wajah dengan menggunakannya sebagai masker. Untuk mendapatkan masker ini anda bisa membuatnya sendiri atau membeli produk masker yang berbahan dasar tomat. Dengan begitu masalah jerawat yang banyak mengganggu penampilan anda bisa segera teratasi, jerawat ini banyak muncul pada mereka usia remaja atau saat masa puber berlangsung.

Berikut ini adalah cara untuk membuat masker tomat secara alami yaitu dengan mengambil tomat yang berwarna merah tua secukupnya kemudian peras atau iris-iris tomat tersebut. Setelah itu oleskan perasan atau irisan tomat pada daerah yang berjerawat dan biarkan dalam beberapa saat setelah cuci wajah hingga bersih. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal anda harus melakukannya secara teratur setiap pagi dan sore. Dalam waktu 1 minggu anda sudah bisa melihat bedanya, kulit anda akan lebih halus, jerawat mulai menghilang. Hal ini terjadi karena tomat mengandung karoten dan vitamin C yang mampu berperan sebagai antioksidan sedangkan asam sitrat dalam tomat berperan dalam pengangkatan kotoran yang menempel pada kulit wajah.

Dengan khasiat yang begitu besar seharusnya kita mulai memasukkan menu tomat dalam daftar harian kita sehingga kita bisa mencegah berbagai penyakit yang telah disebutkan diatas. Tomat merupakan buah penuh gizi, murah, enak, dan mampu mempercantik dan membuat kulit awet muda itulah beberapa dari manfaat buah tomat.

Leave a Comment

Previous post:

Next post: