Capaisukses

Manfaat Air Putih Bagi Kesehatan

by Tofik Online

dollar-sign

Ternyata ada banyak sekali Manfaat Air Putih Bagi Kesehatan salah satunya adalah meningkatkan metabolisme tubuh kita. Dulu saya juga pernah metode bangun tidur langsung minum air putih sekitar 7 sampai 8 gelas sehari alhasil tubuh saya terasa beda, apa bedanya? Tubuh saya terasa segar dan bugar, mungkin beberapa pembaca telah ada yang mencobanya ya? Manfaat air putih pastinya sangat banyak sekali, namun banyak orang yang mengabaikannya. Mereka menganggap air putih adalah minuman yang tidak enak karena tidak menarik dan juga tidak memiliki rasa. Fungsi utama air bagi manusia adalah untuk menghilangkan dahaga. Namun fungsi ini terkadang tergantikan dengan adanya es atau jus atau minuman lainnya yang lebih memiliki rasa dan menarik pastinya. Padahal jika anda sadar air putih itu mampu mencegah anda dari rasa haus, melancarkan metabolisme, membuat anda merasa kenyang lebih lama, membuat kulit lebih mulus dan halus, kelembaban kulit terjaga dan masih banyak lagi yang lainnya.

Berikut ini adalah beberapa manfaat air putih bagi kesehatan. Dengan kandungan manfaat yang begitu banyak ini, diharapkan agar orang mulai mengonsumsi air putih sesuai dengan standartnya, paling tidak orang tua sudah mengajari anak-anaknya untuk minum air putih yang banyak, paling tidak 8 gelas sehari.

1. Untuk Kesuburan
Salah satu manfaat air putih adalah meningkatkan kesuburan. Hal ini terjadi karena konsumsi air putih yang cukup akan meningkatkan produksi hormon testosteron pada pria dan estrogen pada wanita. Hasil riset yang dilakukan oleh sebuah lembaga riset thrombosis di London, Inggris menyatakan bahwa jika seseorang selalu mandi menggunakan air dingin maka peredaran darahnya semakin lancar sehingga lebih segar dan bugar, selain itu produksi sel darah putih juga akan semakin meningkat sehingga secara otomatis system imun dalam tubuh juga semakin meningkat dan pastinya anda akan terhindar dari berbagai penyakit. Jika anda mandi pagi dengan air dingin maka produksi hormone testosterone pada lelaki dan estrogen pada wanita juga akan meningkat sehingga secara otomatis kesuburan akan terjadi dan juga meningkatkan gairah seksual. Manfaat lainnya adalah membuat kuku lebih sehat dan tak mudah retak serta jaringan kulit pun juga akan semakin membaik.

2. Membuat Anda Tetap Waspada
Manfaat air putih yang lain adalah membuat anda tetap waspada. Rasa lelah yang sering anda alami banyak disebabkan oleh dehidrasi oleh karena itu dengan minum air putih yang cukup rasa lelah ini bisa dihindari. Dehidrasi ini sangat kompleks hubungannya dengan rasa lelah dan kesulitan konsentrasi. Jika saat bekerja anda merasa lelah, letih dan rasa kantuk hinggap pada anda cobalah untuk minum segelas air putih, dengan ini saja rasa lelah anda bisa segera teratasi dan konsentrasi juga semakin meningkat. Perlu anda ketahui tingkat dehidrasi sebesar 2% saja bisa memicu masalah pada memori, yang memungkinkan anda mudah lupa dan sulit mengingat sesuatu.

3. Meningkatkan Ketajaman Otak
Seperti yang sudah saya jelaskan diatas jika dehidrasi yang anda alami sekitar 1 persen saja dari berat badan itu sudah bisa mengurangi fungsi dari otak anda. maka dari itu jika anda mengalami dehidrasi anda akan lebih cenderung kehilangan konsentrasi dalam mengingat. Dalam menjalankan fungsinya otak membutuhkan oksigen, oksigen pada otak bisa terpenuhi dengan anda meminum air putih yang cukup. Dalam hal ini manfaat air putih adalah untuk meningkatkan ketajaman pada otak sehingga otak mampu bekerja secara optimal. Penelitian membuktikan bahwa dengan minum air putih 8-10 cangkir setiap hari itu sudah mampu meningkatkan performa kognitif seseorang sebesar 30%.

4. Mencegah Sakit Kepala
Salah satu manfaat dari air putih adalah mampu mencegah sakit kepala. Jika anda sering mengalami sakit kepala atau migrain akan lebih baik jika anda penuhi dulu kebutuhan tubuh akan air putih sebelum anda sebelum anda memutuskan untuk mengonsumsi obat tertentu. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan oleh peneliti dari University of Masstricht, Belanda, minum air putih sebanyak 7 gelas sehari saja sudah mampu menurunkan sakit kepala serta meningkatkan kualitas hidup pada mereka. Selain itu uji coba juga telah dilakukan dengan minum air putih sebanyak 1,5 liter per hari mampu mengurangi rasa sakit kepala selama 21 jam, maka dari itu sangat disarankan agar anda menonsumsi air putih yang cukup setiap harinya paling tidak 8 gelas per hari.

5. Melindungi Jantung
Jantung yang sehat bisa anda dapatkan hanya dengan mengonsumsi air putih yang cukup. Asupan air yang cukup akan memperlancar peredaran darah ke jantung. Penelitian membuktikan bahwa hanya dengan mengonsumsi 5 gelas air putih saja setiap harinya sudah mampu menurunkan risiko serangan jantung sebesar 41%, bagaimana jika anda minum 8 gelas per harinya. Namun perlu anda ketahui meskipun manfaat air putih sangat banyak, jika konsumsinya berlebihan juga kurang baik untuk kesehatan. Hal ini sesuai dengan yang diterbitkan oleh American Journal of Epidemiology, yang menyatakan bahwa orang yang minum 2 gelas air putih per harinya sangat berisiko terhadap serangan jantung dan kanker. Dengan konsumsi air putih yang cukup atau sesuai dengan standartnya maka cairan tubuh akan tetap seimbang dan mampu mengurangi kanker usus sebesar 45%, untuk kanker kandung kemih sebesar 50% dan ada kemungkinan ini juga mampu mengurangi risiko kanker payudara dan juga lainnya. Itulah beberapa manfaat air putih.

{ 1 comment… read it below or add one }

intanps August 10, 2012 at 9:15 am

posting yang bagus, dapat menambah wawasan saya. kalo ada waktu mampir yuk ke blog saya
hoshikanoshi. blog. stisitelkom. ac. id
ditunggu ya ^^

Reply

Leave a Comment

Previous post:

Next post: