Capaisukses

Jenis Jenis Penyakit Kulit dan Penyebabnya

by Tofik Online

dollar-sign

Jenis Jenis Penyakit Kulit – Kita akan dapat terserang dimana saja atau kapanpun dari banyaknya jenis jenis penyakit kulit yang ada disekitar kita. Sangat beragam pula dari masalah keganasan pada jenis penyakit yang satu ini. Seperti dalam penyembuhannya yang sangat susah sekali seperti misal penyakit panu hingga penyakit kulit lainnya. Namun jika penyakit kulit dapat menyebabkan kematian juga pastinya tak banyak yang mempercayainya. Memang nyata akan hal tersebut. Karena ketika tubuh diserang virus atau bakteri kulit merupakan pertahanan pertamanya. Seperti misalnya jika terlalu lamanya kulit terkena sinar matahari maka organ tubuh lainnya lama-lama akan bereaksi dan merembet, seperti itulah contoh sederhananya.

Sebagai alat dalam mengeluarkan sumber kotoran tertentu, kulit juga berfungsi untuk menjaga agar tetap stabil dari suhu tubuh yang merupakan sebagian pertahanan utama terhadap serangan virus atau bakteri. Aktifitas kita akan menjadi terhambat dan pastinya kita akan sangat jengkel dengan gangguan jenis penyakit yang satu ini. faktor penyebab nya sangat beragam dari gangguan pada kulit ini, misalnya alergi, pola hidup yang kurang bersih dan sehat, sanitasi lingkungan, cuaca dan lain sebagainya. Dibawah ini akan dijelaskan beberapa jenis penyakit kulit yang umum terjadi, diantaranya :

Jenis Jenis Penyakit Kulit

1. Jerawat
Jenis penyakit kulit yang satu ini yakni jerawat pernah dimiliki oleh seluruh manusia sebanyak 80 persen, berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan. Bakteri yang tumbuh pada kulit dan dengan kelenjar minyak dibawah kulit terhubung oleh pori-pori merupakan penyebab dari jerawat yang merupakan salah satu dari penyakit kulit ini. Pada tahap awal kemunculan jerawat jika tidak segera dilakukan pengobatan maka jerawat akan terus berkembang.
Pada daerah punggung merupakan tempat tumbuhnya jerawat selain di tempat-tempat lain terutama pada wajah. Anda juga dapat melihat artikel sebelumnya mengenai cara menghilangkan komedo dan cara menghilangkan jerawat.

2. Melanoma
Salah satu kanker kulit yang sangat serius adalah melanoma, jika penyakit ini tidak segera diobati makan akan dapat menyebabkan kematian. Tahi lalat pada kulit akan terjadi perubahan sehingga terjadilah melanoma atau sejenis kanker kulit. Jika muncul pada kulit kepala atau leher kanker ini akan sangat berbahaya. Tahi lalat yang membesar merupakan salah satu tanda terjadinya melanoma. Selain itu disekitar tahi lalat akan nampak beberapa tanda peradangan pada kulit serta pada tahi lalat akan terjadi perubahan warna.

3. Impetigo
Bakteri merupakan penyebab dari penyakit yang sangat menular yang satu ini yakni impetigo. Kulit menjadi merah, melepuh berisi cairan dan akan terasa gatal pada kulit merupakan beberapa tanda jika menderita impetigo. Bagi anak yang berusia dua hingga enam tahun jenis penyakit kulit yang satu ini akan mudah menyerang. Melalui goresan, luka, gigitan serangga biasanya bakteri akan masuk ke dalam kulit. Bagi orang yang menderita impetigo maka kebersihan merupakan hal yang sangat penting.

4. Psoriasis
Salah satu jenis penyakit kulit yang sulit didiagnosa adalah psoriasis. Bagian tubuh yang biasanya terkena psoriasis sama dengan bagian tubuh yang terkena jenis eksim, ditambah dengan telapak kaki, telapak tangan, punggung bagian bawah dan kulit kepala. Psoriasis juga dapat terjadi apabila rendahnya tingkat kalsium, trauma dan stress.

Sifat dari jenis penyakit kulit psoriasis yakni menurun namun bukanlah penyakit yang menular. Menempel dan berlapis-lapis dari munculnya bercak-bercak merah yang diatasnya terdapat sisik-sisik putih tebal merupakan gejala dari penyakit ini. Dan sisik tersebut akan rontok ketika digaruk. Lama-lama luas permukaan kulit yang terkena akan membesar dari sebelumnya yang kecil.

5. Kudis (Skabies)
Parasit tungau yang gatal yakni sarcoptes scabiei var hominis merupakan penyebab terjadinya jenis penyakit kulit seperti kudis. Tempat-tempat seperti yang kurang bersih dalam menjaganya serta di daerah pemukiman kumuh biasanya jenis kulit yang satu ini akan banyak menyerang. Terutama pada sela-sela pinggang, alat kelamin, di bawah ketiak, tangan, kaki, jari-jari tangan/kaki, dll merupakan daerah dimana gejala kudis muncul dengan rasa gatal yang sangat hebat terutama pada malam hari. pada orang lain baik langsung maupun tidak langsung kudis akan sangat mudah untuk menyerang.

Kudis akan menyerang seseorang terutama jika mereka saling bersentuhan satu sama lain. Selain itu jika bergantian pakaian atau handuk pada penderita kudis maka penyakit ini akan dapat mudah menyerang secara tidak langsung. Tentu saja apabila anda selalu menjaga kebersihan lingkungan maupun diri sendiri maka kudis akan terhindar, dan cara ini sangat efektif untuk anda lakukan.

6. Kurap
Jamur merupakan salah satu penyebab terjadinya jenis penyakit kulit yang satu ini. Seperti terasa gatal, lembab dan berair, bersisik, muncul lingkaran yang semakin jelas, kulit yang menjadi tebal, dan lain sebagainya merupakan gejala yang biasanya terjadi pada penderita. Kemudian bercak-bercak putih akan muncul pada lingkaran-lingkaran tersebut. Jika kebersihan kulit kurang terjaga kebersihannya maka kurap akan timbul. Seperti kulit kepala, leher dan tengkuk merupakan daerah dari bagian tubuh yang biasanya terserang kurap.

7. Bisul (Furunkel)
Infeksi kulit yang berupa benjolan yang akan membesar dan terlihat memerah merupakan jenis penyakit kulit dari bisul. Benjolannya nampak berdenyut, terasa panas dan bersisi nanah. Pada semua bagian tubuh manusia bisa ditumbuhi dengan bisul. Namun pada bagian seperti kepala, ketiak, leher, sela bokong, lipatan paha biasanya daerah-daerah lembab yang ditimbuhi dengan bisul.

Sebelum menimbulkan infeksi local ini terjadi karena adanya infeksi bakteri stafilokokus aureus pada kulit melalui folikel kelenjar keringat, kelenjar minyak dan rambut yang merupakan penyebab terjadinya jenis penyakit ini. Seperti pemakaian bahan kimia,kosmetika yang menyumbat pori, pelemahan diabetes, luka yang terinfeksi dan kebersihan yang kurang terjaga merupakan beberapa faktor yang dapat meningkatkan resiko terjadinya bisul.

Oleh karena itu anda harus benar-benar menjaga asupan gizi keluarga, tetap menjaga hygiene dan sanitasi lingkungan supaya jenis penyakit kulit ini tidak menyerang. Karena daya tahan tubuh akan dapat diperkuat lagi dengan kandungan gizi yang baik pula.

8. Campak (Rubella)
Disebabkan oleh virus sehingga jenis penyakit kulit yang satu ini akan dapat menular ke orang lain. Anak-anak biasanya rentan terserang penyakit campak ini. Seperti radang mata, menurunnya secara drastis nafsu makan, sakit kepala, badan terasa lesu, bersin, demam dan pilek merupakan gejala awal terjadinya campak. Setelah itu akan muncul ruam yang bertambah besar dan terasa gatal serta akan tersebar ke beberapa bagian tubuh lain setelah beberapa hari.

9. Eksim (Dermatitis)
Pada kulit akan terasa gatal yang berlebihan merupakan gejala awal yang utama bagi penderita jenis penyakit kulit ini. kemudian akan di susul dengan kulit yang bernanah, muncul gelembung-gelembung kecil yang mengandung air, pecah-pecah dan bersisik serta memerah. Bagian tubuh yang biasanya terserang eksim adalah pada bagian telinga, lipatan paha, kaki dan tangan. Eksim basah dan eksim kering merupakan 2 jenis eksim. Pada kulit juga akan terjadi rasa panas dan dingin yang berlebihan pada eksim basah.

Seperti bahan-bahan vitsin (MSG), alkohol, daging ayam, telur, ikan laut yang merupakan kepekaan jenis makanan tertentu, kosmetik, obat-obatan, sabun dan detergen merupakan rangsangan zat kimia dan makanan yang dapat menyebabkan alergi sehingga terjadinya jenis penyakit kulit ini. Selain itu seperti alergi gangguan emosi, rangsangan iklim, debu dan serbuk sari tanaman juga dapat menimbulkan terjadinya eksim.

Pada orang-orang yang rentan terhadap alergi jenis penyakit kulit ini akan sering menyerang mereka. Akan sering sekali kambuh dan berulang-ulang jika sudah terserang eksim. Oleh sebab itu bahan-bahan atau hal-hal yang dapat menimbulkan alergi (allergen) harus dihindari. Tetapi penyakit ini akan dapat dikendalikan dengan baik apabila dengan pengobatan yang tepat pula, sehingga angka kekambuhannya juga dapat diminimalisir. Namun seiring dengan bertambahnya usia pada penderita lambat laun eksim akan hilang dengan sendirinya.

Agar tidak terjadi infeksi maka dilakukan pengobatan untuk menghilangkan rasa gatal pada kulit merupakan tujuan utamanya. Sebaiknya bagi penderita segera gunakan krim pelembab untuk melembabkan kulit ketika kulit terasa gatal dan sangat kering setelah menyentuh atau melakukan sesuatu hal. Ketika kulit masih dalam kondisi sedikit basah sebaiknya tindakan ini bisa dilaksanakan seperti misal sehabis mandi. Sehingga kelembaban kulit akan tetap dipertahankan setelah pelembab digunakan. Sebaiknya kompres dengan air dingin untuk mengurangi rasa gatal pada kulit yang terkena jenis penyakit kulit ini.

Untuk mengurangi proses keradangan atau inflamasi maka diberikan salep atau krim yang didalamnya terkandung kortikosteroid seperti hydrokortison. Selain itu sebaiknya telan tablet kortikosteroid pada kasus yang berat. Untuk membunuh bakteri penyebab infeksi sebaiknya daerah yang terkena jenis penyakit kulit ini maka telan antibiotika.

Anthihistamin adalah obat lain yang dibutuhkan untuk rasa gatal yang terasa sangat parah, selain itu terhadap semua jenis pengobatan yang diberikan tidak mempunyai efek atau respon penyembuhan maka bagi penderita dapat diberikan cyclosporine. Nah, itulah selengkapnya tentang jenis jenis penyakit kulit.

{ 1 comment… read it below or add one }

di-mana gan February 26, 2013 at 7:20 pm

terima kasih udah boleh berkomentar . .
sangat bermanfaat nih, .menambah pengetahuan saya. .
sukses terus yaa

Reply

Leave a Comment

Previous post:

Next post: