Capaisukses

Gejala Tipes yang Wajib di Ketahui

by Tofik Online

dollar-sign

Gejala Tipes – Penyakit ini sering disebut dengan Tipes atau thypus dalam masyarakat dan dalam dunia kedokteran sering disebut dengan TYPHOID FEVER atau Thypus abdominalis, karena berhubungan dengan usus pada perut manusia. Thypus atau tipes merupakan penyakit infeksi bakteri pada usus halus dan disebabkan oleh kuman Salmonella thyphi atau Salmonella paratyphi A, B, C pada aliran darah, selain itu juga dapat menyebabkan keracunan makanan (gastroenteritis) dan septikemia (tidak menyerang usus). Setelah berkembang biak, kuman tersebut masuk melalui saluran pencernaan dan menembus dinding usus menuju saluran limfa dan dalam waktu24-72 jam dapat masuk kedalam pembuluh darah. Kemudian dapat terjadi pembiakan di sistem retikuledothelial dan menyebar kembali ke pembuluh darah yang kemudian menimbulkan berbagai gejala klinis.

Pada umumnya gejala tipes setiap orang bervariasi dan terjadi sekitar 3 sampai 60 hari ketika seseorang terinfeksi dengan bakteri Salmonella typhi (S.Thypi) dimana bakteri mulai berkembang biak dan menyebar ke aliran darah. Periode inkubasi demam tipes merupakan periode antara masa infeksi dan awal gejala. Beberapa orang mungkin mempunyai gejala ringan, tetapi dalam beberapa kasus ada yang memiliki gejala yang serius dan menunjukkan prognosis buruk dapat menyebabkan kematian seseorang.

Sakit Tipes

Sakit Tipes

Gejala tipes yang dialami oleh seseorang yang tidak menerima pengobatan antara lain penurunan berat badan, pendarahan usus, kehilangan nafsu makan yang drastis, meningitis, hepatitis, osteomyelitis, bronkitis, radang sendi, pneumonia, parotitis dan orchitis. Selain itu penderita akan mengalami demam tinggi dapat terus menerus berlangsung selama 4 sampai 8 minngu. Dan pada beberapa kasus berat yang berlangsung lama dapat menyebabkan kematian.

Biasanya gejala tipes dapat berkembang setelah mengkonsumsi air atau makanan yang sudah tercemar dengan bakteri S. Typhi dan bisa bertahan hingga 1 bulan atau lebih. Lalu bagaimana membedakan gejala tipes? Berikut ini ada beberapa gejala khas demam tipus, diantaranya:

  • Terdapat ruam yang berbentuk kecil, datar dan berwarna merah pada perut dan dada
  • Nafsu makan yang menurun hingga dapat menurunkan berat badan
  • Mimisan
  • Perubahan mood
  • Malaise
  • Sakit kepala
  • Demam dan menggigil secara berkelanjutan
  • Kesulitan berkonsentrasi
  • Diare atau konstipasi
  • Nyeri perut dan nyeri tekan

Gejala tipes berat yang ditimbulkan yang dapat mengancam jiwa merupakan gejala yang tidak segera mendapatkan pengobatan medis. Ciri-ciri tipes dalam keadaan tersebut antara lain terjadi perubahan tingkat kesadaran atau kewaspadaan, halusinasi atau disorientasi, delirium, bibir pecah-pecah, pusing yang dijelaskan atau persiten, unresponsiveness tidak buang air kecil atau buang air kecil dalan jumlah yang sedikit yang berwarna coklat teh, nyeri perut yang parah (sangat sakit dijelaskan oleh penderita). Selain itu demam tipes dapat menyebabkan komplikasi yang mengancam jiwa, seperti gagal ginjal, pendarahan usus dan peritonitis.

Kemudian pada gejala tipes yang dialami oleh bayi, yaitu kelesuan, fontanel cekung (soft spot) di atas kepala, diare dan ketika menangis tidak mengeluarkan air mata. Sehingga di perlukan kewaspadaan pada penanganan kepada bayi atau anak yang masih usia dini, sebab tidak sedikit terjadi kematian pada bayi akibat penyakit tipes. Yang tidak kalah lagi yang harus anda tahu lebih dari ini adalah gejala penyakit jantung. Semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu anda untuk mengenali gejala tipes lebih awal.

{ 1 comment… read it below or add one }

lia August 3, 2012 at 2:13 pm

saya pernah mengalami sakit tipes. rasanya sungguh berat. perut rasanya tidak enak, melilit, air kencing warna teh pekat, tidak ada nafsu makan, badan letih, muka pucat, mata pucat, bibir pucat, demam di sore hari, mual mual setelah makan (tidak bisa menampung makanan karena usus sedang terluka).
apabila mengalami gejala seperti yang diatas, segera ke dokter, smoga kita semua diberi keselamatan oleh Allah SWT.

Reply

Leave a Comment

Previous post:

Next post: