Capaisukses

Gejala Demam Berdarah pada Manusia

by Tofik Online

dollar-sign

Gejala Demam Berdarah – Pada saat musim hujan merupakan kesempatan bagi nyamuk untuk berkembang biak. Walaupun hampir setiap hari nyamuk berkembang biak, tetapi pada saat musim hujan inilah nyamuk-nyamuk seakan-akan leluasa untuk berkembang biak. Hal ini merupakan faktor yang memicu datangnya wabah demam berdarah. Sehingga Anda harus mengetahui apa saja tanda dan gejalanya, jangan pernah meremehkan gejala demam berdarah ini. Tanda adalah sesuatu yang dapat diketahi atau dilihat dengan pemeriksaan atau penglihatan dan tanda hanya bisa diketahui melaui pemeriksaan dokter, sedagkan gejala adalah keluhan seseorang tentang apa yang dirasakan dan gejala merupakan apflava yang dirasakan oleh pasien. Demam berdarah disebarkan oleh nyamuk Aedes eigypti kepada manusia. Empat serotip virus dari genus flavivirus yang masih berkerabat dengan flaviviridae merupakan penyebab penyakit ini. Sehingga penyaki ini mudah sekali menyebar karena setiap serotip berbeda dan tidak ada perlindungan yang disebabkan beberapa serotip(hiperendemidas).

Nyamuk Demam Berdarah

Nyamuk Demam Berdarah

Gejala demam berdarah ringan

Pada umunya sekitar 7 hari setalah gigitan nyamuk pembawa virus penyakit, maka akan timbul gejala ringan yang dapat hilang setelah seminggu. Biasanya penyakit demam berdarah ringan merupakan masalah yang tidak serius dan tidak mengakibatkan kematian pada penderita. Ada beberapa gejala yang ditimbulkannya, antara lain:
- Muntah-muntah dan merasa mual
- Nyeri di belakang mata
- Mengalami sakit kepala
- Demam tinggi
- Tubuh menjadi ruam(Bercak merah) yang dapat hilang atau muncul kembali
- Sakit sendi dan otot

Gejala demam berdarah dengue pada manusia

Gejala yang ditimbulkan mungkin tidak terlalu berbahaya bagi penderita, tetapi perlahan-lahan akan menjadi parah setelah beberapa hari. Jika tidak segera diobati, maka demam berdarah dengue(DBD) akan megakibatkan kematian. Selain itu penderita akan mengalami Dengue shock yang juga mengakibatkan kematian. Ada juga juga gejala lain, seperti:
- Pembuluh darah bocor
- Pendarahan berat
- Muntah
- Terjadinya penurunan tekanan darah secara cepat(hipotensi)
- Disorientasi
- Akibat yang fatal(terjadinya kematian)

Gejala demam berdarah semakin sulit dideteksi

Penyebaran virus merupakan salah satu penyebab gejala demam berdarah yang pada perkembangannya sulit diketahui, sehingga dibutuhkan penanganan yang cepat dan tepat dapat menyelamatkan penderita. Ada beberapa tips untuk menangani penderita, yaitu:

  • Periksalah suhu tubuh penderita setiap hari dengan menggunakan termometer
  • Bila demam tidak kunjung sembuh dalam 3 hari, sebaiknya segera bawa ke dokter
  • Istirahat yang cukup dan berikan minuman yang cukup agar menghambat penyebaran virus
  • Berikan cairan infus pada penderita jika mengalami sulit makan dan minum, muntah dan lemas. Hal ini penting dilakukan untuk menjaga asupan energi pada penderita
  • Lakukan perawatan di rumah sakit jika hasil laboratorium menunjukkan ada tanda peningkatan hematokrit dan penurunan trombosit
  • Pasien harus selalu diawasi jangan sampai terjadi syok.

Dengan cara menerapkan 3M, yaitu mengubur, menguras dan menutup. Anda harus dapat mencegah penyakit berbahaya ini, karena mencegah lebih baik daripada mengobati. Beberapa pejala penyakit lain yang harus anda waspadai adalah gejala penyakit jantung serta gejala penyakit ginjal. Semoga artikel tentang gejala demam berdarah ini dapat menambah wawasan Anda tentang penyakit demam berdarah dan bisa bermanfaat untuk Anda semua.

Leave a Comment

Previous post:

Next post: