Capaisukses

Dampak Pencemaran Lingkungan , Penyebab dan Solusi

by Tofik Online

dollar-sign

Dampak Pencemaran Lingkungan – Suatu kondisi atau keadaan yang mengelilingi sekitar kita adalah arti dari lingkungan. Dalam hidup kita pastinya membutuhkan hal yang sangat penting yaitu bumi sebagai rumah atau tempat tinggal kita. Oleh karena itu kita harus tetap menjaga kelestarian biosfer yang bersih dan menyehatkan dengan berdampingan bersama sistem ekologi lainnya seperti udara yang bersih, air murni, tanah yang subur, hewan dan tumbuhan sebagai kelestarian hidup kita di lingkungan.

Jika dibandingkan dengan kurun waktu terakhir ini tingkat kerusakan terhadap lingkungan hidup sangatlah tinggi. Tak sedikit para penghuni bumi yakni manusia itu sendiri menghancurkan segala keindahan oleh eksploitasi sumber daya secara berlebihan sehingga keindahan bumi ini seakan-akan sudah tidak bisa dilihat lagi. Salah satunya adalah adanya dampak pencemaran dimana-mana.

Pencemaran Lingkungan

Pencemaran Lingkungan

Penyebab Pencemaran Lingkungan

Membahas lebih jauh lagi dampak pencemaran lingkungan. Keindahan bumi kita sekarang ini telah terpengaruh oleh berbagai masalah lingkungan. Sekarang telah menjadi isu-isu global yang sebelumnya dari masalah lokal sebagai akibat dari terus menerusnya globalisasi dan proses alam bumi. Pencemaran air, asap, menipisnya lapisan ozon, limbah yang berbahaya, pemanasan global, polusi udara, hujan asam dan lain sebagainya merupakan beberapa masalah yang pada jaman modern ini telah mempengaruhi keindahan bumi yang sebelumnya bersih dan indah. Namun tak hanya itu saja masalah yang muncul, seperti berlebihannya tingkat populasi asap dan racun sehingga telah mencemari udara, karena menggunakan secara berlebihan dari minyak pembakaran kendaraan dan pemborosan dari industri cerobong asap kini sudah menjadi masalah yang biasa kita lihat sehari-hari.

Efek dari kehidupan manusia kini telah menjadi polusi lingkungan dimana-mana. Akibat dari faktor yang berhubungan erat dengan dampak pencemaran lingkungan setiap tahunnya, dapat ditemukan diseluruh dunia satu dari lima orang meninggal dunia. Anda pasti tahu tentang efek rumah kaca, nah ini juga merupakan salah satu masalah dari pencemaran lingkungan pada kehidupan manusia yang paling berbahaya.

Kebanyakan dari penduduk Negara Asia dari 1,1 miliar orang di seluruh dunia tidak dapat menemukan kualitas air dan sanitasi yang memadai sehingga dalam hal ini setiap tahunnya 2 juta orang meninggal akibat terserang penyakit karena kondisi sanitasi lingkungannya yang sangat buruk. Hal ini seperti yang telah dikatakan oleh Jaringan Air Ekumenis. Penyalahgunaan sumber daya energi sebagai salah satu masalah lingkungan yang terjadi dari banyaknya masalah yang lain. Dalam hal ini akan berdampak menjadi masalah yang lebih serius jika orang-orang jaman sekarang tidak bisa menyadari akan pentingnya daur ulang energi dan konservasi.

Cara adalah metode. Daur ulang produk saat ini sangatlah banyak. Ketegangan lingkungan dapat kita kurangi dengan hal ini. kita dapat mendaur ulang dengan perangkat elektronik seperti ponser, komputer, televise atau laptop. Untuk meminimalkan limbah gunakan barang-barang yang tidak digunakan sebagai kompos limbah tanaman, dalam hal ini sekaligus menciptakan pupuk organik yang sehat. Deforestasi akan dapat berkurang dengan kita memanfaatkan teknologi yang tersedia untuk mendaur ulang bahan yang digunakan. Tak hanya dampak pencemaran lingkungan saja yang akan berkurang namun pohon juga dapat kita selamatkan.

Dalam memenuhi kebutuhan mereka dengan memnuhi kebutuhan saat ini tanpa harus mengorbankan kemampuan generasi yang akan datang merupakan keberlanjutan lingkungan yang berarti.

Dibawah daya dukung daerah kita harus menjaga kepadatan penduduk, sumber daya yang terbaru dapat lebih diperbaharui dan memfasilitasinya serta sebagai efek kelestarian lingkungan yang tetap terjaga. Kita juga harus bertanggung jawab dalam menggunakan semua fasilitas termasuk bumi beserta isinya sebagai bukti bahwa kita tetap ingat bahwa Allah telah mempercayakan semua itu kepada kita. Bukan berarti pengelolaan dominasi dan eksploitasi atau dalam menggunakannya dengan berlebihan dan tanpa memperhatikan kapasitas bumi dalam memproduksi dan merehabilitasinya dari kekuasaan kita atas alam dan makhluk hidup lainnya sehingga dapat terhindar pula dampak pencemaran lingkungan.

Leave a Comment

Previous post:

Next post: