Capaisukses

Cara Menghilangkan Flek Hitam di Wajah dengan Mudah

by Tofik Online

dollar-sign

Cara Menghilangkan Flek Hitam di Wajah – Flek hitam pada wajah memang akan sangat mengganggu penampilan anda. maka dari itu tidak sedikit orang yang berusaha untuk menghilangkannya namun jika cara yang digunakan kurang tepat ini malah akan merusak kulit wajah anda. Flek hitam di wajah bisa disebabkan oleh paparan sinar matahari, penuaan kulit ataupun noda bekas jerawat. Sebenarnya ada banyak cara yang bisa anda gunakan untuk menghilangkannya baik yang alami maupun dengan teknik modern.

Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa anda gunakan untuk menghilangkan flek hitam pada wajah, yaitu :

1. Trik Make-Up
Jika anda mengalami kesulitan dalam menghilangkannya, atau mungkin karena proses menghilangkannya membutuhkan waktu maka anda bisa menyiasatinya dulu dengan menyembunyikan flek hitam pada wajah dengan make-up. Anda bisa menggunakan make foundation dan concealer, kedua produk ini merupakan produk yang paling efektif dalam menyamarkan noda hitam pada wajah. Caranya mudah yaitu dengan menggunakan foundation pada seluruh wajah kemudian titik-titikkanlah concealer pada bagian wajah yang bernoda terus ratakan dengan jari atau dengan brush khusus. Dengan begitu wajah anda akan terlihat lebih cerah dan menarik tanpa adanya flek hitam.

2. Pakai Sunblock
Seperti yang sudah saya sampaikan diatas jika salah satu penyebab flek hitam adalah paparan sinar matahari. Perlu anda ketahui saunblock bukanlah produk penghilang flek hitam namun produk ini mampu melindungi kulit wajah anda dari paparan sinar matahari sehingga flek hitam pada wajah anda tidak semakin banyak. Untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal anda bisa menggunakan sunblock yang mengandung SPF minimal 15.

3. Scrub & Masker
Salah satu cara menghilangkan flek hitam pada wajah adalah dengan menggunakan scrub dan masker. Perawatan jenis ini bisa anda lakukan di rumah ketika anda memiliki banyak waktu. Masker dan scrub berfungsi untuk memudarkan flek hitam pada wajah. Agar hasilnya lebih maksimal anda bisa melakukannya rutin 1 minggu 2 kali dan jangan lupa untuk memilih produk yang bisa mencerahkan kulit, dengan begitu masalah noda hitam pada wajah bisa segera teratasi.

4. Mikrodermabrasi
Cara lain yang bisa anda gunakan untuk menghilangkan flek hitam adalah dengan mikrodermabrasi. Mikrodermabrasi adalah teknik mekanik yang menggunakan alat khusus. Cara kerjanya adalah dengan mengelupas kulit-kulit yang mati atau mengamplas dimana menggunakan aplikator yang sudah dilapisi oleh butiran berlian. Dengan teknik ini flek hitam dapat segera dihilangkan, selain itu teknik ini juga bermanfaat dalam mengangkat sel-sel kulit yang mati, mengangkat komedo dan meningkatkan produksi kolagen sehingga kulit wajah lebih cerah dan mempesona.

5. Krim Pencerah
Untuk menghjilangkan flek hitam pada wajah anda juga bisa menggunakan krim pencerah. Namun dalam memilih produk ini anda harus lebih teliti dan berhati-hati karena ada sebagaian produk yang bisa mencerahkan namun memiliki efek samping yang kurang baik untuk kesehatan. Maka dari itu sangat dianjurkan agar anda melakukan konsultasi sebelum menggunakan, dengan begitu dokter akan mendiagnosa dan menentukan krim pencerah yang sesuai dengan jenis kulit yang anda miliki. Produk pemutih yang aman dan baik untuk digunakan adalah yang mampu memngurangi produksi melanin penyebab flek hitam, ini biasanya mengandung bahan hydroquinone. Produk pemutih yang banyak beredar dipasaran adalah yang mengandung hydroquinone sebesar 2% hingga 4%.

Selain bahan hydroquinone ada juga produk pemutih lainnya. Ini biasanya menggunakan obat-obatan seperti steroid dan asam retinoat. Sebagai bahan aktif produk ini banyak menggunakan vitamin A, ada juga yang menggunakan bahan-bahan alami seperti asam kojic (senyawa yang berasal dari jamur) dan arbutin (senyawa yang bisa ditemukan pada berbagai tanaman). Mungkin bahan-bahan tersebut harganya relative mahal. Sebagian orang mencari produk yang harganya lebih murah dan cepat memutihkan, produk ini adalah yang berbahan merkuri. Perlu anda ketahui merkuri merupakan bahan aktif yang sangat berbahaya jika diaplikasikan pada kulit karena bisa menyebabkan kanker. Maka dari itu sebaiknya anda menghindari produk kecantikan yang mengandung bahan merkuri.

6. Bahan Alami
Sebenarnya untuk menghilangkan flek hitam dan mencerahkan kulit ada berbagai bahan alami yang bisa kita gunakan, seperti lemon, papaya dan susu. Lemon mampu memudarkan noda hitam pada wajah karena lemon banyak mengandung vitamin C, maka dari tidak heran jika banyak orang yang menggunakannya sebagai masker wajah. Untuk papaya, buah ini sangat efektif dalam mengangkat sel-sel kulit yang mati juga menghilangkan flek hitam, hal ini terjadi karena papaya mengandung enzim papain. Untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal anda bisa membuat jus dari 2 bahan ini kemudian meminumnya secara teratur atau dengan menghaluskannya kemudian dijadikan sebagai masker wajah. Selain kedua bahan ini ada juga bahan alami yang efektif dalam menghilangkan flek hitam yaitu susu, susu mengandung zat yang bisa memudarkan flek hitam dan mencerahkan kulit maka dari itu ada perawatan kecantikan yang menawarkan mandi susu pada customernya. Ini bisa dilakukan dengan berendam atau sekedar membasuh wajah dengan susu. Itulah beberapa tips yang dapat kami sampaikan tentang cara menghilangkan flek hitam di wajah.

Leave a Comment

Previous post:

Next post: