Capaisukses

Cara Mengatur Keuangan yang Baik

by Tofik Online

dollar-sign

Cara Mengatur Keuangan – Terfikir di benak kita ada banyak pilihan dimana kita akan mengarahkan uang yang kita miliki. Jangan sampai salah memilih tindakan untuk menghabiskan uang anda, karena akan mempengaruhi kehidupan finansial kita. Anda harus tahu dari mana uang yang di dapat dan untuk apa uang akan di keluarkan. Jangan sampai pada akhirnya bingung memikirkan jika uang anda habis, karena tidak terasa kita bisa secara pelan-pelan menghabiskan uang yang kita miliki tanpa terasa. Oleh karena ini kali ini saya akan berbagi tips tentang cara mengatur keuangan yang baik. Masalah keuangan merupakan hal yang umum di alami oleh keluarga muda pada tahun-tahun pertamanya dalam menjalani rumah tangga. Pasti akan kerepotan jika pasangan muda tersebut lama kemudian hadir buah hati di keluarga ini. Ada baiknya mulai sekarang bagi anda yang mengalami hal ini harus segera mengatur keuangan anda dengan baik.

Cara Mengatur Keuangan

Cara Mengatur Keuangan

Beberapa tips cara mengatur keuangan yang baik

- Meminimalkan belanja konsumtif
Jika anda bertemu dengan teman lama untuk brtukar fikiran di restoran kadang-kadang memang sangat di perlukan namun tidak berarti anda harus melakukannya pada setiap hari.

- Berpikirlah sebelum belanja
Setiap kali kita mengeluarkan uang berarti ini sama dengan membuat pilihat akibat. Sebelum mengeluarkan uang ada baiknya harus memikirkan terlebih dahulu tentang apa manfaat dari apa yang di belanjakan, ini merupakan cara mengatur keuangan yang perlu di perhatikan.

- Investasi
Kita tidak akan puas dengan munggu tabungan yang membumbung jika anda mempunyai cita cita untuk keluarga yang tinggi. Jika anda memerlukan yang ini anda tinggal perlu belajar kepada ahlinya, konsultasilah kepada ahli keuangan yang handal untuk menginvestasikan uang anda.

- Menabunglah
Cara mengatur keuangan yang ini juga perlu di perhatikan, Setelah anda menerima gaji jangan langsung untuk belanja. Sisihkan gaji anda untuk menabung dalam jumlah yang telah anda sisihkan yang sesuai dengan rencana ke depan finansial keluarga.

- Menetapkan tujuan
Anda harus menyusun target keuangan yang ingin anda raih secara berkala bersama pasangan anda. Tujuan ini akan membantu lebih fokus dalam merancang keuangan. Tetap bertujuan realistis, spesifik, terukur dalam kurun waktu tertentu.

- Bedakan antara ingin dan butuh
Sering kali kita membelanjakan uang untuk sesuatu yang tidak terlalu penting yang di dorong oleh nafsu atau keinginan alias bukan untuk kebutuhan hidup. Jika perlu anda harus membuat catatan keperluan untuk kebutuhan, belanja dan keinginan. Pertimbangkan matang matang antara keinginan dan kebutuhan karena ini juga mempengaruhi keuangan anda.

- Memahami portfolio keuangan keluarga
Ini juga sangat mempengaruhi cara mengatur keuangan anda. Kita harus mengatur dan harus tahu betul betul jumlah tagihan listrik, belanja, biaya ke dokter, tagihan telepon, isi tabungan dan servis mobil atau motor.

Berapapun uang yang anda miliki pergunakan sebaik mungkin dan seefisien mungkin untuk keluarga yang anda cintai. Demikianlah cara mengatur keuangan yang baik semoga berguna untuk anda.

Leave a Comment

Previous post:

Next post: