Capaisukses

Cara Mendapatkan Kredit Usaha Rakyat

by Tofik Online

dollar-sign

Saat ini kredit sudah sangat akrab sekali dengan masyarakat, tidak hanya usaha yang mendapatkan kredit namun hampir semua cara penjualan dibuat dengan system kredit. Namun yang akan kita bahas ini mengenai kredit usaha rakyat atau yang dikenal dengan KUR. KUR pertama kali diluncurkan pada 5 November 2007, namun hingga saat ini masih banyak masyarakat yang belum memahami mengenai system dari jenis kredit ini sehingga terkesan sangat sulit untuk mendapatkannya. Maka dari itu perlu adanya sosialisasi yang serius dari pemerintah agar program KUR ini terlaksana dengan optimal. Dengan adanya KUR pastinya akan sangat membantu masyarakat dalam mengembangkan usaha yang mereka miliki. Tujuan utama dari KUR memang untuk membantu pengembangan UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) sehingga ekonomi rakyat semakin meningkat. Selain untuk UMKM, program ini juga ditujukan pada koperasi yang memiliki usaha namun tidak memiliki agunan. Memang syarat untuk mendapatkan dana KUR ini adalah harus ada usaha yang nyata dari peminjam, hal ini dimaksudkan agar dana ini tersalurkan pada orang yang tepat dan tidak ada kesalahan dalam penggunaan.

Kredit Usaha Rakyat

Kurangnya pemahaman tentang persyaratan dana KUR ini, menyebabkan banyak masyarakat yang harus kecewa dan pulang dengan tangan hampa karena memang mereka belum memiliki bentuk usaha yang nyata. Mungkin yang mereka tahu dana KUR ini diberikan oleh pemerintah untuk membantu rakyat, sehingga ketika pengajuan ditolak oleh bank, dengan ketidaktahuan dan ketidakpuasan ini mereka sering melakukan protes. Penjelasan mengenai kenapa orang yang menginginkan dana KUR adalah mereka yang harus sudah memiliki usaha nyata, hal ini dimaksudkan agar dana KUR ini benar-benar untuk pengembangan usaha bukan untuk yang lainnya, seperti membayar hutang atau memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Jika itu yang terjadi maka program pemerintah ini tidak berjalan dengan optimal dan salah sasaran. Dalam hal program bantuan kebutuhan, pemerintah sudah memiliki program lainnya yang khusus menangani hal ini, jadi jangan sampai program itu salah sasaran. Mungkin jika anda masih ingat dengan adanya krisis yang melanda Indonesia tahun 1998. Hampir semua perusahaan besar mengalami kolaps dan gulung tikar sehingga mengakibatkan perekonomian Indonesia mengalami penurunan drastis.

Namun dengan adanya sector usaha mikro, kecil dan menengah inilah perekonomian Indonesia kembali bangkit, ini merupakan penyelamat ekonomi Negara yang sesungguhnya. Mungkin jika kita melihat permasalahan yang umum mereka hadapi dalam hal pengembangan usaha adalah Modal. Selain itu sebagian besar dari mereka juga belum mengetahui bagaimana cara mengajukan kredit usaha kepada perbankan. Padahal ada banyak sekali bank pemerintah yang menyediakan fasilitas perkreditan UMKM, yang disebut dengan KUR (Kredit Usaha Rakyat).

Berikut ini adalah keunggulan dari KUR (Kredit Usaha Rakyat), yaitu :
1. Plafond bisa mencapai 500 juta
2. Suku bunga bersaing dengan jangka waktu hingga 5 tahun
3. Proses lebih cepat dan persyaratan juga mudah.

Berikut ini adalah cara yang bisa kita lakukan untuk mendapatkan Kredit Usaha Rakyat (KUR) pada bank pemerintah, yaitu :
1. Usaha yang anda lakukan harus jelas artinya prospek ke depannya bagus dan pasarnya juga banyak
2. Melampirkan surat identitas diri ( KTP, Surat Nikah, Kartu Keluarga )
3. Melampirkan SIUP ( Surat Izin Usaha Pemerintah ), NPWP, akta pendirian badan usaha dan bukti lokasi usaha
4. Pengaju kredit juga harus melampirkan laporan keuangan perusahaan 2 tahun terakhir, hal ini dimaksudkan agar pihak bank bisa memeriksa kondisi keuangan pada perusahaan anda.
5. Jika bank meminta agunan, sertakan bukti kepemilikan barang yang anda agunkan
6. Pengaju kredit tidak sedang menikmati fasilitas yang sama dari bank lain.

Jika syarat yang diperlukan sudah lengkap, anda bisa mengajukannya pada pihak bank. Kemudian bank akan memeriksanya dan melakukan survey, setelah pengajuan ini mendapat persetujuan kredit yang anda ajukan akan segera cair.

Leave a Comment

Previous post:

Next post: