Capaisukses

Cara Belajar Efektif, Efisien dan Menyenangkan

by Tofik Online

dollar-sign

Kok banyak sekali yang menanyakan bagaimana cara belajar efektif, efisien dan menyenangkan? apa ada cara belajar yang menyenangkan? Umumnya belajar itu tergantung orangnya jika kita belajar dengan merasa senang hati pasti proses belajar akan sangat menyenangkan, tetapi jika kita belajar dengan rasa malas maka proses belajar akan membosankan dana dapat di pastikan seperti tersiksa rasanya. Jadi nikmatilah ketika sedang belajar, jika suasana hati waktu belajar merasa senang maka proses belajar akan lancar dan menyenangkan. Selain itu cara belajar efektif yang lain adalah dengan tidak menyianyiakan waktu, banyak yang bilang bukan bahwa “time is money” jika di translate bahasa indonesia waktu adalah uang jadi gunakanlah waktu sebaik mungkin jangan pernah menyia-nyiakannya. Jika waktu untuk belajar fokuskanlah hanya untuk belajar, jangan buang-buang waktu.

Cara Belajar Efektif

Cara Belajar Efektif

Harus mempunyai niat agar cara belajar efektif dan efisien
Niat merupakan pondasi awal untuk memperkuat proses belajar, jika niat belajar anda kurang maka proses belajar tidak akan efektif. Jadi intinya anda harus mempunyai niat dan tekad yang bersungguh-sungguh untuk belajar.

Sebelum memulai cara belajar efektif anda wajib berdoa
Berdoa merupakan sesuatu yang paling penting sebelum melakukan semua hal, mohonlah kepada Allah SWT supaya ilmu yang akan di pelajari bisa bermanfaat untuk anda.

Agar cara belajar efektif pilih waktu yang tepat serta tempat yang nyaman dan tenang
Perlu adanya waktu yang cepat agar proses belajar tidak terhambat, anda harus bisa mengatur waktu kapan anda melakukan kegiatan keseharian jangan sampai bentrok dengan waktu belajar. Atur waktu belajar sebaik mungkin agar proses belajar berlangsung dengan lancar. Carilah tempat yang nyaman dan tenang pada waktu belajar agar tidak terganggu.

Jangan tergesa-gesa pada waktu belajar
Jika anda tergesa-gesa dengan apa yang anda pelajari saya jamin tidak akan masuk karena kurang adanya ketenangan dan konsentrasi. Mau tidak mau anda harus belajar sesuai dengan kemampuan anda, jika perlu belajarlah sedikit demi sedikit yang penting bisa menangkap dari apa yang anda pelajari. Lakukan ini secara teratur maka cara belajar anda akan efektif.

Cara belajar efektif dengan cara membuat ringkasan
Cara ini untuk mempermudah anda karena dapat membantu agar lebih mudah dalam belajar. Dengan membuat ringkasan maka setidaknya kita sudah membaca materi secara garis besar yang dipelajari. Tanpa disadari otak kita akan merekan informasi yang sedang kita ringkas jadi kita akan lebih mudah mengingat melalui apa yang kita ringkas tadi. Hal ini sering saya lakukan ketika saya masih SMP dan terbukti sangat efektif.

Jika anda sedang belajar bahasa inggris silahkan baca cara cepat belajar bahasa inggris. Yang terakhir coba praktekkan poin-poin di atas setiap hari. Itulah kira kira yang bisa tofik sampaikan saat ini untuk cara belajar efektif, bila ada yang salah silahkan berkomentar.

{ 1 comment… read it below or add one }

Scanner Barcode Murah July 12, 2012 at 1:17 pm

makasih yah infonya

Reply

Leave a Comment

Previous post:

Next post: