Capaisukses

Biaya Pembuatan Lapangan Futsal

by Tofik Online

dollar-sign

Saat ini memang lagi trend nya bisnis futsal. Jika memang anda memiliki lahan yang cukup luas mungkin anda bisa mulai memikirkan bisnis ini. Futsal sudah tidak asing lagi bagi masyarakat saat ini, olahraga jenis ini lebih efektif dan nyaman, mengingat tempatnya dalam ruangan dan anti becek dan panas pastinya. Selain itu olahraga ini juga bisa dilakukan kapan saja, ada yang pagi, siang, sore bahkan malam hari. Meskipun jumlah lapangan futsal saat ini bertambah banyak, namun jika kita lihat hampir semuanya laris pengunjung. Yang terpenting menurut saya adalah fasilitas dan kenyamanan yang diberikan. Selain itu, banyaknya jumlah pengunjung ini juga dipengaruhi oleh banyaknya peminat dan semakin meningkatnya kesadaran masyarakat mengenai pentingnya olahraga bagi kesehatan. Dengan kondisi lapangan yang memungkinkan untuk digunakan dalam segala cuaca baik panas maupun hujan, futsal menjadi pilihan yang paling bagus bagi pengunjung.

Lapangan Futsal

Selain itu, jenis olahraga futsal adalah olahraga yang dilakukan berkelompok sehingga bisa membuat komunikasi dan hubungan semakin erat dan nyaman pastinya. Untuk memulai bisnis ini kita harus memperhitungkan dan membuat rencana pembuatannya. Ini bisa meliputi anggaran dan konsep. Konsep nanti bisa meliputi ukuran dan fasilitas yang akan kita sajikan. Ukuran ini bisa meliputi yang ukuran umum atau dengan perhitungan standart internasional. Dengan planning dan anggaran yang sudah matang maka pembuatan lapangan futsal bisa segera kita laksanakan.

Berikut ini adalah contoh anggaran biaya pembuatan lapangan futsal, yaitu :

1. Tiang Lampu
Untuk membuat lapangan futsal pasti kita membutuhkan lampu karena olahraga ini juga dilakukan saat malam hari. Sebelum memasang lampu pastinya kita harus membeli tiangnya terlebih dahulu. Dalam 1 tiang bisa untuk 2 lampu. Umumnya dalam lapangan futsal terdapat 18 lampu sehingga kita membutuhkan 9 tiang. Harga untuk tiap biasanya berkisar 500 ribuan per tiang sehingga jika dikalikan 9 sekitar 4,5 juta.

2. Lampu Penerangan Lapangan
Seperti yang sudah saya jelaskan diatas, umumnya dalam 1 lapangan futsal membutuhkan 18 lampu sebagai penerangan. Jika ingin lebih menghemat anda bisa menggunakan lampu hemat energy namun harganya juga lebih mahal. Jika dikalkulasi membeli lampu hemat energy dengan yang biasa akan lebih hemat ketika kita menggunakan lampu hemat energy karena secara otomatis biaya listrik yang kita keluarkan juga semakin murah. Untuk harga lampu hemat energy biasanya sekitar 100 ribu, jika ada 18 lampu maka dana yang harus kita anggarkan adalah 1,8 juta.

3. Rompi Pemain
Biasanya untuk membedakan lawan dan kawan pemain futsal memilih menggunakan rompi. Ini merupakan peluang bisnis bagi pengelola lapangan futsal. Paling tidak untuk menyewakan rompi futsal kita harus menyediakan rompi sekitar 2 lusin (24 pcs rompi futsal). Jika kita membelinya lusinan pastinya harga yang kita dapatkan juga lebih murah bila dibandingkan dengan kita membeli eceran. Untuk harga rompi futsal dengan kualitas bagus sekitar 160 ribu per lusinnya, jika kita membeli 2 lusin berarti 160.000 x 2 = 320.000, jadi angaran yang harus kita siapkan untuk rompi sekitar 320 ribu.

4. Bola
Untuk mengelola bisnis futsal, pastinya kita membutuhkan bola. Bola adalah wajib bagi semua orang yang terjun dalam bisnis ini. Paling tidak kita harus memiliki 2 bola. Untuk per bolanya biasanya harganya 250.000, jika kita membeli 2 berarti anggaran yang harus kita siapkan untuk membeli bola adalah sekitar 500 ribu rupiah.

5. Alas Lapangan Futsal
Jika anda sering bermain futsal pasti bisa membedakan antara lapangan satu dengan lainnya alasnya ada yang berbeda. Sebenarnya ada 3 jenis alas lapangan futsal yaitu sintetis, vinyl dan parquet. Umumnya lapangan futsal banyak menggunakan alas dari jenis sintetis dan vinyl, jika anda memilih yang kualitasnya bagus maka pengguna akan merasa nyaman. Selain itu alas ini juga lebih awet sehingga memperpanjang umur ekonomis untuk harganya biasanya sudah 1 paket dengan jaring dan perlengkapan yang lainnya. Sedangkan untuk jenis parquet, ini agak tidak umum karena lebih berkesan mirip lapangan sepak bola. Maka dari itu kita dianjurkan agar memilih alas yang dari sintetis atau vinyl.

Untuk harga rumput sintetis juga bervariasi, anda bisa menyesuaikan dengan kemampuan dan kebutuhan. Penjualan rumput ini biasanya 1 paket untuk ukuran normal lapangan futsal, yaitu :

  • Rumput sintetis futsal 1 lapisan 22 mm seharga 95 ribu rupiah
  • Rumput sintetis futsal 2 lapisan 28 mm seharga 125 ribu rupiah
  • Rumput sintetis futsal 2 lapisan 35 mm seharga 140 ribu rupiah
  • Rumput sintetis futsal 1 lapisan 55 mm seharga 130 ribu rupiah

Ini adalah harga alas lapangan futsal jenis sintetis namun jika anda menggunakan vynil harganya akan lebih mahal lagi. Untuk lapangan futsal dengan ukuran normal biasanya membutuhkan anggaran sekitar 170 juta per paket, jadi harganya sangat jauh sekali dengan alas sintetis.

Leave a Comment

Previous post:

Next post: