Capaisukses

Alat Musik Daerah Indonesia

by Tofik Online

dollar-sign

Alat musik daerah indonesia sangat banyak macam atau beragam-ragam, hal ini di sebabkan banyaknya suku-suku budaya di indonesia yang bermacam-macam. Oleh karena itu dengan banyaknya suku dan budaya di indonesia alat musik daerah pun juga berbeda-beda. Selain itu indonesia mempunyai ribuan jenis musik yang sering kali di ikuti dengan tarian. Musik daerah indonesia yang paling banyak di gemari adalah keroncong, dangdut dan gamelan. Musik-musik suku tradisional indonesia kebanyakan menggunakan instrumen perkusi seperti gendang dan gong. Kemudian berkembang menjadi alat musik yang berbeda-beda seperti alat musik angklung, sasando, gamelan.

Alat Musik Daerah

Alat Musik Daerah

Daftar alat musik daerah Indonesia

- Gendang Bali
- Gendang Simalungun
- Gendang Melayu
- Gandang Tabuik
- Angklung
- Calung
- Kulintang
- Gong Kemada
- Gong Lambus
- Rebab
- Tanggetong
- Gondang Batak
- Kecapi
- Kesok-Kesok
- Saluang
- Jawa: Gamelan, Kendang Jawa.
- Nusa Tenggara Timur: Sasando, Gong dan Tambur, Juk Dawan, Gitar Lio.
- Sasando
- Talempong
- Calempong Kampar
- Tifa
- Saluang
- Rebana
- Bende
- Kenong
- Keroncong
- Serunai
- Jidor
- Suling Lembang
- Suling Sunda
- Dermenan
- Saron
- Kecapi
- Bonang

Penjelasan beberapa alat musik daerah

- Angklung
Angklung merupakan alat musik daerah secara tradisional berkembang dalam masyarakat sunda bagian barat pulau jawa. Angkung sendiri terbuat dari tabung bambu yang di hubungkan dengan rangka bambu. Alat musik angklung di mainkan dengan cara digoyangkan untuk menghasilkan bunyi dalam susunan nada dalam setiap ukurannya, ukuran terdiri dari yang terkecil sampai dengan yang terbesar.

- Sasando
Sasando merupakan alat musik daerah yang cara memainkannya adalah dengan memetiknya, alat musik berasal dari pulau rote Nusa Tenggara Timur. Bahan utama dari alat musik sasando adalah dari tabung bambu serta ganjalan-ganjalan dimana senar direntangkan. Tabung sasando ini di letakkan dalam sebuah wadah yang terbuat dari semacam anyaman daun lontar yang di buat hampir seperti kipas.

- Kolintang
Kulintang atau kolintang merupakan alat musik daerah yang merupakan alat musik perkusi terbuat dari perunggu dan kayu asal indonesia bagian timur.Di wilayah indonesia kulintang di hubungkan dengan masyarakat minahasa dari Sulawesi Utara, Selain itu kolintang juga sangat marak dan terkenal di daerah lain yaitu di Maluku.

- Gamelan
Gamelan merupakan alat musik daerah yang sangat terkenal, alat musik ini di mainkan oleh orang indonesia bersamaan dengan alat musik perkusi seperti gong dan rebab. Gamelan berasal dari pulau jawa, lombok dan bali. Sering kali kita melihat pertunjukan yang memainkan gamelan di televisi.

- Kecapi suling
Kecapi suling merupakan alat musik daerah sejenis musik instrumental yang bergantung pada improvisasi yang di pulerkan provinsi jawa barat yang sering kali menggunakan dua alat musik ini yaitu kecapi dan suling.

Alat musik tradisional di atas juga kerap kali di mainkan dengan lagu daerah berdasarkan wilayahnya masing-masing. Tidak di pungkiri lagi bahwa negara indonesia itu indah, karena mempunyai beraneka ragam budaya yang membuat banyak warna yang indah di indonesia, mari jaga kelestarian alat musik daerah.

Leave a Comment

Previous post:

Next post: